Cara dan Syarat Membayar Pajak Motor Tahunan dan 5 Tahunan

SAMSATKeliling.info – Membayar pajak merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap warga negara yang menggunakan kendaraan bermotor. jenis pajak yang harus kita bayar adalah pajak kendaraan bermotor (PKB) itu sendiri yang dilakukan secara rutin tahunan.

Syarat Bayar Pajak Motor

Ada dua jenis pajak kendaraan bermotor bagi menjadi dua yakni pajak yang dibayarkan setiap tahun dan setiap 5 tahun. Jalan bermotor tersebut memiliki Syarat Bayar Pajak Motor yang tidak sama. untuk itu sebaiknya terlebih dahulu agar tidak keliru.

Jika anda sampai terlambat dalam membayar pajak kendaraan bermotor maka akan dikenakan denda yang mana dapat kita bayar saat melakukan proses kepengurusan administrasi pembayaran pajak. maka dari itu cek STNK anda dan memastikan supaya tidak terlambat dalam membayar pajak.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membayar pajak motor, dapat melakukannya Di kantor Samsat terdekat ataupun di layanan Samsat keliling, Samsat Corner layanan gerai Samsat mall terdekat. Tapin akan beda ceritanya Jika anda memiliki kesibukan lain yang tentu tidak dapat anda tinggalkan maka dari itu masih ada solusi yang kedua anda lakukan yakni dengan cara membayar pajak motor Melalui aplikasi Samsat online. aplikasi ini dapat anda secara gratis Play Store, nama aplikasi Samsat online nasional atau samolnas.

syarat membayar pajak kendaraan 1 tahun dan 5 tahunan

Membayar pajak kendaraan menggunakan aplikasi online hanya dapat di untuk pajak tahunan saja untuk pajak 5 tahunan Anda harus mengurusnya sendiri di kantor Samsat secara langsung, karena untuk perpanjangan 5 tahunan perlu dilakukan cek fisik sebagai salah satu membayar pajak motor.

Di bawah ini akan kami Jelaskan apa saja syarat dan dokumen yang harus Anda persiapkan untuk membayar pajak dan cara membayar pajak motor. Cek selengkapnya baik untuk tahunan dan 5 tahun.

Syarat Bayar Pajak Motor Tahunan

syarat membayar pajak kendaraan 1 tahunan

Berikut ini hal-hal yang perlu Anda persiapkan dokumen yang harus dibawa dan syarat-syarat sebagai langkah awal cara membayar pajak motor. seperti dikutip dari situs lain, dalam mengurus pembayaran pajak motor tahunan ada 3 yang perlu dipersiapkan, yaitu:

  • KTP asli sesuai data di BPKB pemilik motor dan juga fotokopinya
  • STNK asli dan fotokopinya
  • BPKB asli dan fotokopinya (disejumlah lokasi tidak diperlukan)
Baca juga :  5 Cara Cek Nomor Rangka Kendaraan Online yang Mudah

Namun jika proses kepengurusan pembayaran pajak dilakukan oleh orang lain, dah harus mempersiapkan Syarat Bayar Pajak Motor tambahan yakni berupa surat kuasa pengurusan berkas yang akses kuasa telah diberikan kepada orang yang anda percaya. biasanya surat ini diperlukan saat seseorang hendak membayar pajak kendaraan milik perusahaan.

Cara Membayar Pajak Motor Tahunan

Dalam cara membayar pajak motor tahunan Anda bisa datang kantor Samsat secara langsung dengan membawa berkas yang diperlukan sebagai persyaratan pajak kendaraan bermotor.

  1. Mengambil dan mengisi formulir.
  2. Menyerahkan formulir yang telah anda sertai dengan berkas persyaratan (jangan lupa untuk menunjukkan BPKB Asli dan KTP asli).
  3. Membayar pajak motor ke loket yang tersedia sesuai dengan tarif.
  4. Pengecekan atas keterlambatan membayar pajak, jika anda telat pajak maka harus membayar dendanya terlebih dahulu.
  5. Simpan resi/bukti pembayaran yang diberikan untuk kemudian ditunjukkan ketika mengambil STNK.
  6. Setelah jadi silahkan untuk melakukan cek verifikasi data, periksa identitas dan data di STNK.

Di atas merupakan salah satu persyaratan yang dipersiapkan jika anda membayar pajak secara offline dan Berikut ini adalah cara membayar pajak motor secara online dengan aplikasi samolnas. bayar pajak motor yang dapat anda lakukan:

  1. Unduh aplikasi Samsat Online Nasional (SAMOLNAS) melalui Google Play Store atau App Store.
  2. Sebelum melakukan transaksi, Anda perlu mendaftar terlebih dahulu. Isi data nomor polisi, NIK, dan 5 digit nomor rangka terakhir pada kendaraan.
  3. Setelah selesai mengisi data formulir dan mengakhirinya dengan submit data, Anda akan mendapat kode pembayaran yang berlaku selama 2 jam.
  4. Silahkan mengurus pembayaran melalui transfer bank atau modern channel yang terdapat biaya administrasi perbankan sebesar 5.000 rupiah.
  5. Selanjutnya, Anda akan memperoleh tanda bukti pelunasan pembayaran secara online melalui menu E-TBPKB dalam aplikasi pembayaran elektronik. Terdapat juga pilihan menu E-Pengesahan STNK yang akan menampilkan pengesahan STNK secara eletronik yang berlaku selama 1 bulan.
  6. Terakhir, pemohon wajib pajak akan mendapatkan SKPD/TBPKB dan stiker pengesahan STNK yang dikirim melalui jasa ekspedisi ke alamat sesuai dengan yang tertera pada STNK.
Baca juga :  Daftar Kode Plat Nomor Kendaraan Indonesia 2021

Syarat Bayar Pajak Motor 5 Tahunan

syarat membayar pajak kendaraan 5 tahunan

Sangat berbeda dengan cara membayar pajak motor tahunan, kali ini kita akan membahas syarat membayar pajak motor 5 tahunan dimana memiliki persyaratan yang berbeda. Selain proses bayar pajak 5 tahun kendaraan berbeda dan lebih lama, Hal ini juga karena adanya pergantian baru plat nomor dan STNK baru dan juga pengecekan nomor rangka kendaraan bermotor.

Jadi wajar saja jika biaya yang dikeluarkan lebih banyak jika dibandingkan dengan membayar pajak motor tahunan. berikut ini syarat dalam cara membayar pajak motor 5 tahunan.

  • Sepeda motor
  • KTP asli pemilik kendaraan beserta fotokopinya
  • STNK asli beserta fotokopinya
  • BPKB asli dan fotokopinya
  • Formulir perpanjangan STNK

Cara Membayar Pajak Motor 5 Tahunan

Ada sedikit perbedaan antara cara membayar pajak motor 5 tahunan dan tahunan. Pembayarannya sendiripun untuk lima tahunan tidak bisa diurus secara online atau via aplikasi SAMOLNAS, anda harus mengunjungi SAMSAT secara langsung. Hal ini karena adanya proses cek fisik kendaraan juga sebagai salah satu syarat pajak kendaraan 5 tahunan.

Pastikan anda untuk menyiapkan berkas persyaratan untuk membayar pajak motor 5 tahunan, Ikuti prosedur dan tata cara membayar pajak motor berikut ini :

  • Pertama bawalah motor ke tempat cek fisik untuk dilakukan cek oleh petugas dilapangan. Anda akan mendapatkan hasil pengecekannya.
  • Selanjutnya menyerahkan formulir perpanjangan STNK beserta persyaratan yang telah dipersiapkan disertai juga dengan hasil cek fisik yang tadi sebelumnya telah dilakukan.
  • Menunggu panggilan petugas.
  • Pada tahap ini anda akan melewati tahap legalisasi, silahkan menuju loket perpanjangan STNK, dan ambil nomor antrian.
  • Bayar pajak sesuai dengan biaya yang telah ditentukan.
  • Menunggu proses pencetakan STNK baru dan plat nomor baru. Tidak ada tambahan biaya lagi kecuali anda mengajukan permohonan plat nomor cantik.
  • Selesai, silahkan cek data dan verifikasi secara personal untuk memastikan semua data benar.

Tahapan cara membayar pajak motor 5 tahunan akan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama jika dibandingkan dengan proses membayar pajak motor tahunan. Siapkan dengan baik segala kebutuhan dan waktu yang senggang untuk mengurus pajak ini supaya tidak mengganggu atau menggangu aktifitas keseharian anda.

Update secara berkala di lakukan pada 25 Oktober 2021. Pastikan untuk selalu cek jadwal samsat keliling terbaru, karena jadwal dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

error: Alert: Content is protected !!