4 Cara Cek Plat Nomor, Melacak Kendaraan Online

4 Cara Cek Plat Nomor untuk Melacak Kendaraan Secara Online – Plat nomor polisi yang selalu ada pada setiap kendaraan baik mobil maupun motor adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengidentifikasi setiap kendaraan bermotor.

Setiap orang tentunya ingin melakukan melacak plat nomor kendaraan, dengan layanan seperti aplikasi cek plat nomor android, ios ataupun melalui website anda dapat dengan mudah melakukan Cara Cek Plat Nomor Kendaraan yang berisikan informasi mengenai plat nomor tersebut.

Jenis Plat Nomor yang dapat diLacak

Plat nomor kendaraan adalah alat penting dan utama yang harus dipasang disetiap kendaraan. Terbuat dari logam dan dipasangkan di depan dan juga sisi belakang kendaraan dan masing-masing setiap motor akan memiliki nomor registrasi yang berbeda.

Referensi dalam postingan D.I Yogyakarta dapat berbeda dengan pelaksanaan di lapangan. Keakuratan informasi tidak bisa kami jamin khususnya selama PPKM dan pandemi covid-19. Untuk menghindari missleading info lokasi dan jadwal pelaksanaan pada hari ini Minggu maupun besok di wilayah D.I Yogyakarta, DKI Jakarta, Informasi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, Riau, Sumatra Barat, Update Terbaru bulan Januari 2022. Pemohon harus secara langsung ke polresta setempat untuk melakukan konfirmasi secara pribadi.

Keterangan yang tertera pada Surat Tanda Nomor Kendaraan dapat menjadi acuan dari nomor ini yakni pada Surat Tanda Kendaraan atau STNK, disitu terdapat data mek motor, warna, tahun pembuatan, model dan lainnya sampai nama pemilik dan alamatnya.

Biasanya untuk melakukan cek plat nomor secara detail diperlukan tidak hanya nomor pada plat saja namun juga data STNK yang biasanya akan dimintai jawaban untuk nomor rangka tahun nomor mesin kendaraan.

Plat nomor atau disebut juga sebagai nomor registrasi polisi ini dapat membantu kita jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Ataupun juga kita dapat melakukan pelacakan plat nomor mobil ataupun motor jika kita mungkin menemukan sesuatu yang tidak diingikan terjadi. Dengan melakukan pengecekan plat nomor pada kendaraan, maka kita dapat berhasil mengetahui informasi mengenai kendaraan tersebut.

Baca Juga :

Pada Kasus lainnya seperti tabrak lari dimana anda mungkin sedang berada di tempat kejadian atau TKP. Cukup mencatat nomor kendaraannya saja maka selanjutnya kita bisa melacak alamat kepemilikan kendaraan tersebut. Ada cara melacak plat nomor kendaraan secara online jika kita perlukan tanpa harus mengunjungi kantor SAMSAT.

Dengan contoh kasus seperti di atas, kiranya kita membutuhkan informasi untuk mengetahui pemilik plat nomor kendaraan tersebut. Dengan menggunakan fasilitas yang sudah disediakan maka kita dapat dengan lebih mudah melakukan cek pemilik plat nomor kendaraan secara online.

Cek Plat Nomor Kendaraan Online

Cara Cek Plat Nomor Online via Web, SMS, Aplikasi
Cara Cek Plat Nomor Online via Web, SMS, Aplikasi

Pada zaman sekarang yang semuanya serba canggih bisa dibilang lebih tepatnya menuju peradapan maju, anda bisa menggunakan aplikasi pelacak plat nomor kendaraan. Selengkapnya silahkan simak cara-cara dibawah ini lacak plat nomor gratis.

Kode Lokasi Plat Nomor Polisi

Sebelum anda akan mengurus dan memasukan data untuk mencari info terkait plat nomor, anda harus tahu dulu kode plat nomor yang sesuai dengan kotanya. Kode ini digunakan untuk menentukan di lokasi mana kira-kira kendaraan yang hendak dilacak tersebut, lalu kode plat nomor polisi apa saja yang dapat di cek melalui layanan ini.

Berikut adalah daftar plat nomor beserta Daftar nama kode plat nomor di Indonesia sesuai daerah masing-masing.

  • Kode Plat Nomor Jawa Barat : A, B, D, E, F, T, Z
  • Kode Plat Nomor Jawa Tengah dan Yogyakarta : G, H, K, R, AA, AB, AD
  • Kode Plat Nomor Jawa Timur : L, M, N, P, S, W, AE, AG
  • Kode Plat Nomor Sumatra : BL, BB, BK, BA, BM, BH, BD, BP, BG, BN, BE
  • Kode Plat Nomor Kalimantan meliputi : KB, DA, KH, KT, KU
  • Kode Plat Nomor Bali dan Nusa tenggara meliputi : DK, DR, EA, DH, EB, ED
  • Kode Plat nomor daerah Sulawesi : DB, DL, DM, DN, DT, DD, DC

Selengkapnya baca juga penjelasan mengenai Daftar Kode Plat Nomor di Indonesia

Cara Cek Plat Nomor via Aplikasi (Melacak Online)

Aplikasi SAMSAT Online
Aplikasi SAMSAT Online Untuk Lacak Plat Nomor

Aplikasi ini dapat anda temukan di googleplay store untuk pengguna sistem operasi Android atau Apps Store untuk pengguna Iphone atau iOS.

Install Aplikasi Cek Data Kendaraan

Pertama kali adalah untuk cek plat nomor online yaitu dengan menggunaan aplikasi cek data kendaraan dan mengunduhnya lalu install. Berikut ini langkah-langkah memakai aplikasi cek data kendaraan online:

  1. Unduh dan instal lebih dulu aplikasi check pelat data kendaraan pada smartphone yang Anda pakai.
  2. Jika aplikasi itu sudah dipasang pada, Anda bisa pilih propinsi sesuai pelat nomor kendaraan yang ingin dilihat.
  3. Masukan pelat nomor kendaraan yang ingin ada dilihat datanya, dan teruskan dengan click “Proses”.
  4. Nantikan sesaat sampai data kendaraan itu ada pada monitor smartphone anda.
Baca juga :  Cek Plat Nomor Polisi dan Melacak Kendaraan Online

Sebenarnya tidak dikhususkan untuk melakukan cek plat nomor. Namun Secara umum digunakan untuk pelayanan pajak kendaraan. Anda dapat mengetahui secara rinci (sebagian aplikasi) sebelum melakukan perpanjangan STNK.

Untuk beberapa aplikasi, anda akan menjumpai menu untuk mengetahui informasi pajak menggunakan nomor polisi kendaraan yang tertera pada plat nomor motor atau mobil, sehingga bisa menampilkan informasi yang berkaitan dengan data pada plat nomor tersebut.

Berikut ini nama aplikasi yang tersedia di Google Playstore untuk mengecek sekaligus melacak data pemilik kendaraan bermotor baik itu motor maupun mobil.

WilayahNama Aplikasi
Jawa TengahSAKPOLE e-SAMSAT JATENG
Jawa TimurE-SMART SAMSAT JATIM
Jawa BaratSAMBARA
JakartaCek Ranmor & Pajak DKI Jakarta
YogyakartaPAJAK KENDARAAN JOGJAKARTA
AcehPELUIT DITLANTAS POLDA ACEH
RiauESamsat KEPRI
SULUTInfo Pajak Kendaraan Sulut
NTBSAMSAT DELIVERY
SULSELe-Dempo Samsat Online Sumsel
LampungInfo Pajak Kendaraan Bermotor Bapenda Lampung
SULSELeSamsat-Sulsel
KALUTeSAMSAT Kalimantan Utara
PontianakSamsat Pontianak
KALTENGRC POLDA KALIMANTAN TENGAH

Pada daftar sejumlah apps di atas tentu saja bisa anda gunakan sebagai sarana dan fasilitas untuk melacak plat nomor dengan mudah melalui Handphone.

Cara Melacak Plat Nomor Online Melalui Website

Tampilan Pelacakan Plat Nomor Online Melalui Website
Tampilan Pelacakan Plat Nomor Online Melalui Website

Cara lain untuk melakukan pengecekan informasi nama pemilik yang dimulai dari nomor pada plat nomor secara online juga dapat dilakukan melalui website. Situs ini adalah situs resmi dari SAMSAT dimana anda tinggal memasukkan URL website dan masukkan plat nomor pada kotak box yang tersedia.

Pencarian informasi cek kepemilikan plat nomor mobil / motor tidak menggunakan pulsa, hanya dengan mengakses jaringan internet menggunakan ISP yang disediakan.

Cara ini dapat menjangkau lebih banyak daerah secara lengkap. Informasi yang kita dapatkan juga terbilang lengkap mulai dari nama pemilik, warna kendaraan, tahun pembuatan/ produksi kendaraan dan lain sebagainya.

Prosedur dan caranya sebagai berikut :

  1. Buka URL situs resmi untuk cek plat nomor yang tersedia di bawah ini, pilih sesuai domisili atau plat nomor kendaraan target.
  2. Masuk ke menu yang disediakan, pilih cek plat nomor
  3. Masukkan nomor polisi kendaraan yang ingin di lacak
  4. Masukkan data lain yang diperlukan oleh situs yang dibutuhkan untuk mengolah data pencarian.
  5. Tekan submit dan tunggu hingga informasi muncul

Berikut ini daftar website menurut wilayah untuk melacak dan mengetahui data pemilik plat nomor.

WilayahWebsite
Jawa Tengahhttp://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/
Bantenhttp://ditlantas.banten.polri.go.id/e-samsat-nasional/
Jakartahttps://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_KBM
Jawa Barathttps://bapenda.jabarprov.go.id/sipolin-samsat-jabar/
Jawa Timurhttps://esamsat.jatimprov.go.id/
Acehhttp://esamsat.acehprov.go.id/
Yogyakartahttp://infonjkbdiy.com/

Layanan pencarian online cek data pemilik plat nomor polisi kendaraan via website ini tidak memerlukan perangkat handphone khusus. Anda dapat dengan mudah mengaksesnya hanya dengan menggunakan komputer atau bahkan HP berbasis java asalkan dapat mengakses internet/ browser.

Cara Cek Plat Nomor Kendaraan via SMS

Cara Mengecek Plat Nomor Kendaraan via SMS

Langkah ini dapat anda gunakan jika anda tidak memiliki kuota untuk menjalankan aplikasi atau membuka website di atas. Pengecekan informasi seperti pajak kendaraan baik itu motor atau mobil tetap dapat anda lakukan melalui pengiriman SMS.

Cek plat nomor via SMS dapat anda lakukan kapan saja. Untuk melakukannya anda tetap dikenakan biaya sms yang berlaku dan mungkin berbeda untuk setiap operator yang anda gunakan.

Berikut ini adalah daerah yang sudah mendukung pengecekan infomasi plat kendaraan lewat format sms.

WilayahFormat SMS
Jawa TimurKETIK : JATIM <spasi> Nopol
Kirim Ke : 7070
Contoh : JATIM L3434DS
Jawa BaratKETIK : poldajbr <spasi> Nopol
Kirim Ke : 3977
Contoh: poldajbr D8967JL
DKI JakartaKETIK : METRO <spasi> Nopol
Kirim Ke : 1717
Contoh: METRO B1234UAC
Jawa TengahKETIK : JATENG <spasi> Nopol
Kirim Ke : 9600
Contoh: JATENG H7689D

Cek Plat Nomor Jakarta

Langsung saja ketik METRO<spasi>NOPOL, lalu kirim ke nomor 1717. Silahkan tunggu hingga informasi data kendaraan anda terima. Banyak sekali pembeli kendaraan bekas yang memakai cara ini, karena memang kendaraan bekas plat DKI Jakarta lebih murah daripada daerah lain.

Area Yogyakarta

Untuk cek dan mengetahui pemilik plat nomor polisi area yogyakarta Kirim SMS Dengan Format DIY<SPASI>Nomor Plat, Contoh DIY AB2708EC, Kirim ke 99600, biaya SMS Rp. 550,-

Area Sumatra Barat

Selanjutnya bagi anda yang ingin mengecek plat nomor untuk area Sumatra, silahkan Kirim SMS ke layanan samsat Sumbar dengan format PKB#Hurud depan plat<spasi>Nomor polisi<spasi>Huruf belakang plat, contoh : Pkb#BA 1620 TT kirim ke 08116941555.

Baca juga :  Cara Cek Plat Nomor Wilayah Jatim 2022

Area Sumatra Utara

Cek plat wilayah Sumut kirim SMS dengan format PAJAK<spasi>NO.POLISI<spasi>Warna Plat, Contoh : PAJAK BA5807AFA HITAM, kirim ke 3699.

(Khusus TELKOMSEL) : Ingin menggunakan kode USSD juga bisa, anda masukkan kode *368*117#, lalu pilih polda sumut >> info pajak >> lalu masukan nomor polisi kendaraan. Jangan lupa juga untuk memasukan warna plat dan angka terakhir nomor rangka kendaraan anda.

Melacak Plat Nomor Area NTT

Kirim SMS dengan format SAMSAT<spasi>NOMOR POLISI<spasi>5 DIGIT TERAKHIR NOMOR MESIN – Contoh : SAMSAT DH1234AA 12345, kirim ke 3130. Biaya SMS Rp. 2.310,-

Silahkan ketik 12345 jika anda tidak tahu berapa nomor rangkanya, sudah dicoba dan berhasil.

Jangan mengecek plat nomor polisi pada hari libur karena layanan ini hanya dapat diakses pada jam operasional saja. Jika anda tetap melakukannya pada jam kerja, maka SMS balasan tentang laporan pajak akan dikirimkan pada hari kerja.

Selengkapnya akan kami update kembali nantinya. Layanan ini memungkinkan Anda untuk mencari keberadaan motor atau mobil dengan memasukkan plat nomor saja serta plat nomor polisi tersebut dapat juga diketahui atau cari tahu dimana alamat pemilik dan pajak serta asal motor.

Cara Melacak Data Pemilik Plat Nomor secara Offline

mencari plat nomor melalui telepon
Ilustrasi pencarian plat nomor polisi online

Cara ini adalah terakhir yang dapat anda lakukan yakni secara langsung datang ke samsat terdekat, tidak bisa lacak plat nomor menggunakan samsat online, anda harus datang langsung ke lokasi samsat tedekat. Identifikasi kendaraan dapat dengan lengkap anda cari saat anda berada di sana. Syarat mengecek data BPKB kendaraan adalah membawa KTP dan BPKB kendaraan.

Layanan ini diselenggarakan oleh pemerintah D.I Yogyakarta setempat. Adapun ketersediaan pelayanan yang dilaksanakan samsat keliling ini adalah hanya untuk perpanjangan STNK tahunan saja. Untuk pajak kendaraan 5 tahunan termasuk cek fisik dan ganti plat nomor (TNKB), bisa dilakukan di SAMSAT D.I Yogyakarta.

Menariknya, ada juga layanan dari samsat untuk cek pajak kendaraan melalui telepon yakni dengan menghubungi sejumlah nomor kantor polres setempat yang sudah mendukung layanan cek plat nomor dengan telepon secara langsung.

Cek Plat Nomor Jawa Timur

Untuk anda yang bertempat di wilayah area jatim di jawa timur meliputi kota dan kabupaten berikut dapat melakukan cek plat nomor wilayah jatim. Juga untuk area Bangkalan, Banyuwangi, Blitar, Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, Jember, Jombang, Kediri, Lamongan, Lumajang, Madiun, Magetan, Malang, Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Pamekasan, Pasuruan, Ponorogo, Probolinggo, Sampang, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep, Trenggalek, Tuban, Tulungagung, Batu, Blitar, Kediri, Madiun, Malang, Mojokerto, Pasuruan, Probolinggo dan Kota Surabaya dapat mengetahuinya dengan :

  • Website yakni https://esamsat.jatimprov.go.id/
  • Aplikasi silahkan cari dan install E-SMART SAMSAT JATIM
  • SMS KETIK : KETIK : JATIM <spasi> Nopol dan Kirim Ke : 7070

Keuntungan Cek Plat Nomor Kendaraan Online

  1. Mengirit Waktu Hal itu berlaku saat anda check pelat nomor online. Cukup dengan memakai smartphone atau gawai yang lain, Anda memperoleh info yang diperlukan.
  2. Gampang dan Cepat Dengan memakai internet dan tehnologi digital, check pelat nomor kendaraan jadi lebih cepat dan mudah. Bila jaringan intenet konstan dan kuat, karena itu Anda tak perlu memberikan dukungan waktu yang lama untuk memperoleh info itu. Bahkan juga kurang dari semenit Anda bisa memperoleh info itu.
  3. Dapat Dilaksanakan Di Mana Saja Selainnya cepat dan mudah, dengan lakukan pengujian secara digital bisa juga dilaksanakan dimanapun. Tidak harus tiba ke kantor polisi untuk bertanya langsung, Anda bisa lakukan pengujian dari rumah atau darimanakah saja.
  4. Dapat Dilaksanakan Siapa Saja Saat ada peristiwa yang kurang membahagiakan di jalan raya seperti perampokan sepeda motor, tubruk lari, atau tindak kejahatan yang lain, dan memerlukan info hasil dari pengujian kendaraan, Anda dapat memeriksa pelat nomor kendaraan. Dengan begitu, Anda bisa berperan serta dalam percepat proses pengatasan tindak kejahatan.

Diedit pada : 12 Januari 2022

Demikian informasi untuk Cara Cek Plat Nomor Kendaraan yang dapat anda lakukan secara online. Tutorial cek plat nomor di atas dapat digunakan untuk melakukan cek plat nomor kendaraan online di beberapa lokasi, tinggal menyesuaikan saja dengan domisili anda.

Misalnya cek plat nomor motor jakarta, tangerang, bandung, jawa timur, cirebon, jawa barat, jatim, jateng, secara online melalui internet. Jika informasi ini bermanfaat silahkan bagikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Terusan dari : sim keliling kudus, jadwal samsat keliling kab semarang, info samsat kabupaten semarang, jadwal sim keliling sukabumi Januari 2022, jadwal samsat keliling bandung barat, Samsat Corner Kota Medan Sumatera Utara, jadwal sim keliling kudus, jadwal samsat keliling pekanbaru Januari 2022, cari data plat nomor kendaraan, samsat online hari ini

Update secara berkala di lakukan pada 27 Januari 2022. Pastikan untuk selalu cek jadwal terbaru, karena lokasi dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Rujukan dalam artikel ini merupakan perpaduan informasi yang dilansir dari sejumlah website.

error: Alert: Content is protected !!