HOME
Home » Informasi » Syarat perpanjangan STNK Kendaraan 2021

Syarat perpanjangan STNK Kendaraan 2021

Tanggal 9 May 2021

Cek informasi terbaru SAMSAT Keliling Online terkait Syarat perpanjangan STNK Kendaraan 2021. Lokasi dan jadwal pelaksanaan untuk perpanjangan STNK Online melalui layanan SAMSAT Corner, Samsat Keliling dan Samsat Desa dalam topik atau wilayah Informasi. Perhatian! info berikut mengambil data dari jadwal terbaru atau sebelumnya jika belum tersedia

Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK )merupakan dokumen identitas kendaraan bermotor yang wajib dimiliki semua kendaraan yang sudah on the road. Selain itu STNK harus diperpanjang berdasarkan masa berlaku satu tahunan.

Syarat perpanjangan STNK

Pemilik kendaraan bermotor maupun mobil wajib memperpanjang STNK tahunan dan lima tahunan. Bagaimana prosedur dan syarat perpanjang STNK yang benar?

Sebagai warga negara yang taat pajak sudah semestinya kendaraan yang dimiliki wajib hidup masa berlaku STNKnya. STNK diterbitkan oleh satuan administrasi manunggal satu atap atau biasa disebut masyarakat dengan samsat. Disahkan oleh tiga instansi yaitu polri.dinas pendapatan provinsi serta jasa raharja. Pemilik kendaraan bermotor wajib melakukan pembayaran pajak tiap tahun untuk memperpanjang masa berlaku STNK.

Cara melakukan pembayaran perpanjangan STNK kendaraan sama yaitu pajak setiap satu tahun dan setiap lima tahunan. Yang berbeda ialah besar pajak yang dibayarkan tergantung tipe dan jenis kendaran masing masing yang sudah diatur dalam ketentuan perundang undangan yang ada.

Berikut adalah syarat dan cara perpanjangan STNK seperti dikutip dari informasi halaman resmi NTMC polri :

Syarat Perpanjangan STNK tahunan

  • STNK asli dan fotocopy
  • BPKB asli dan fotocopy ( bpkp asli diperlihatkan ke petugas )
  • KTP asli dan fotokopy ktp pemilik yang sesuai dengan data identitas di kendaraan ( untuk pemilik perseorangan)
  • Fotokopi domisili perusahaan.npwp perusahaan. Dan TDP perusahaan ( untuk kendaraan perusahaan)
Baca juga :  Cek Kode Plat Nomor Belakang di Seluruh Provinsi

Cara Perpanjangan STNK tahunan

  1. Wajib pajak diharuskan mengisi formulir yang sudah tersedia di loket pendaftaran. Kemudian masukkan formulir dan persyaratan perpanjangan yang sudah disiapkan ke loket tersebut.
  2. Apabila sudah lengkap petugas akan memanggil untuk membayar di loket pembayaran.
  3. Setelah itu anda tinggal menunggu untuk penerbitan STNK dan pengesahan STNK serta skpd baru yang td sudah dibayarkan.

Pengurusan pajak tahunan dapat diurus via Samsat online. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk pengurusan pajak kendaraan dan ganti STNK atau perpanjangan STNK 5 tahunan. Untuk itu kami lanjutkan dengan cara dan Syarat perpanjangan STNK lima tahunan.

Cara Perpanjangan STNK 5 tahunan

Syarat yang dibawa sama dengan perpanjangan STNK tahunan, yakni :

  • STNK asli dan fotocopy
  • BPKB asli dan fotocopy
  • KTP asli dan fotokopy ktp pemilik yang sesuai dengan data identitas di kendaraan
  • Fotokopi domisili perusahaan.npwp perusahaan.

Yang berbeda ialah harus datang dengan membawa kendaraan yang akan dibayar pajak nya untuk diambil cek fisik kendaraan berupa nomor rangka dan nomor mesin. Maka dari itu perpanjangan lima tahunan agak berbeda dengan yang tahunan.

Alur Prosedur Perpanjang STNK

Berikut ini bagan alur dan mekanisme pergantian plat serta STNK setiap 5 tahunan. Meliputi cek fisik kendaraan motor atau mobil sampai dengan bayar pajak dan pencetakan STNK baru dan update data pada BPKB.

Baca juga :  5 Cara Cek Nomor Rangka Kendaraan Online yang Mudah

mekanisme pendaftaran kendaraan cetak 5 tahunan

Anda harus meluangkan waktu dan membawa kendaraan langsung di samsat pusat karena biasanya samsat corner ataupun samsat desa hanya melayani pembayaran STNK tahunan saja.

Demikianlah prosedur dan syarat perpanjangan STNK pada tahun 2021. Cukup mudah dan singkat bukan. Yuk tertib bayar pajak.

Update secara berkala pada website samsatkeliling.info akan di lakukan kembali pada Senin, 10 Mei 2021. Pastikan anda untuk selalu mengecek jadwal samsat keliling terbaru, karena jadwal dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Jika belum ketemu, silahkan menggunakan fitur pencarian di atas.