HOME

Home » Informasi » Contoh Surat Kuasa untuk Pengambilan BPKB

Contoh Surat Kuasa untuk Pengambilan BPKB

Tanggal 24 May 2020 | Kategori Informasi

Selamat datang di situs informasi jadwal SAMSAT Online yang memberikan informasi jadwal dan lokasi pelaksanaan SAMSAT Corner Online terkait perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang mungkin Anda butuhkan, Contoh Surat Kuasa untuk Pengambilan BPKB. Jadwal terbaru terkait wilayah Informasi dapat dicek melalui link kategori yang tersedia. Untuk perhatian! jadwal berikut bersifat kemungkinan, kami mengambil data dari jadwal sebelumnya.

Panduan Membuat Surat Kuasa Pengambilan BPKB – Pembelian sepeda motor atau mobil harus disertai dengan bukti kepemilikan untuk kendaraan bermotor atau BPKB. Jika tidak ada dokumen, kemungkinan besar itu adalah kendaraan curian. Untuk menghindari hal ini, lebih baik membeli kendaraan dari dealer resmi yang menjamin keaslian dan kelengkapan. Keuntungan lain adalah sistem pembayaran yang lebih sederhana, karena dapat berupa uang tunai atau kredit.

Panduan Membuat Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Merupakan kewajiban dan keharusan jika dokumen yang berupa BPKB untuk sepeda motor atau mobil siap agar diambil. Tetapi kadang-kadang kita tidak punya waktu untuk itu. Oleh karenanya, kita sering meminta bantuan orang lain, saudara, suami atau teman untuk membawa BPKB dengan sepeda motor atau mobil kita.

Jika sekarang Anda mendapatkan pesan bahwa BPKB sepeda motor atau mobil telah jadi yakni kabar dari leasing atau dealer. Tetapi saat ini tidak ada waktu untuk itu. Kemudian Anda dapat memberi wewenang untuk mengambil alih BPKB kendaraan Anda dari dealer, Samsat atau leasing (Adira, BCA Finance, FIF, BAF). Tetapi pertama-tama Anda perlu menulis atau membuat surat kuasa untuk mengambil mobil atau mobil BPKB terlebih dahulu.

Surat kuasa untuk penarikan BPKB nantinya akan digunakan sebagai bukti bahwa BPKB diambil alih oleh orang yang berwenang. Selain surat yang perlu dibuat dan dicetak, Anda juga perlu menyiapkan persyaratan pengambilan BPKB sepeda motor atau mobil. Jadi, jangan sampai surat kuasa untuk mengambil BPKB telah dibuat, tetapi malah tidak membawa dokumen syarat bersama Anda.

Seperti kita ketahui bersama, membeli sepeda motor baru bisa memakan waktu berbulan-bulan untuk pembuatan BPKB karena proses pengurusan di Samsat. Ketika BPKB siap, kita bisa membawanya ke dealer. Bagi mereka yang tidak punya banyak waktu, Anda dapat meminta orang untuk mengambil BPKB dengan surat kuasa.

Syarat Pengambilan BPKB Yang Dikuasakan

Syarat pengambilan BPKB atas nama orang lain

  1. Surat kuasa pengambilan BPKB yang bermeterai asli Rp 6.000
  2. KTP Asli pemilik sesuai nama yang tertera pada BPKB
  3. Fotocopy KTP pengambil dan KTP asli penerima kuasa
  4. Membawa bukti pembayaran terakhir
  5. Slip pembayaran terakhir
  6. Jangan lupa sekalian untuk membawa STNK kendaraan yang asli

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Contoh surat kuasa pengambilan bpkb motor

Kami akan memberikan beberapa contoh surat otorisasi untuk mengambil BPKB yang dapat berfungsi sebagai panduan ketika meminta orang lain untuk mendapatkan BPKB dari leasing atau dealer.

Contoh Surat Kuasa untuk Pengambilan BPKB Motor

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor

Jika Anda membeli kendaraan secara kredit, Anda tidak akan menerima BPKB (bukti kepemilikan kendaraan bermotor). BPKB baru akan diberikan saat kamu telah membayar angsuran dan lunas atau menyelesaikannya. Nah, BPKB yang kita miliki adalah jaminan uang yang kita pinjam dari perusahaan pembiayaan. Jadi kami dapat mengatakan bagaimana perusahaan pembiayaan bekerja dengan membayar kendaraan yang kami beli dan kemudian menggantinya dengan pembayaran bulanan.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Tono Sanjaya
NIK:87654634
Alamat:Jl. Perjuangan No. 123, Medan

Selanjutnya disebut Pemberi Kuasa

Memberikan kuasa penuh kepada :

Nama:Intan Permatasari
NIK:8765463
Alamat:Jl. Perjuangan No. 234, Medan

Selanjutnya disebut Penerima Kuasa.

—– KHUSUS —–

Untuk dan atas nama Pemberi Kuasa untuk mengambil BPKB atas nama Alexander Suwiryo atas kendaraan dengan rincian :

Jenis Kendaraan:Honda Jazz RS
Nomor Kendaraan:R 1234 AZ
Warna Kendaraan:Merah
No. Mesin:89951364211246

di Dealer Resmi Honda Kota Medan Jalan Belimbing Wuluh No. 123, Medan.

Demikian surat kuasa ini kami buat dengan sebenar – benarnya untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 10 Mei 2020.

Pemberi Kuasa,                                                                        Penerima Kuasa,

Tono Sanjaya.                                                                          Intan Permatasari.

Ada kemungkinan bahwa setiap dealer atau leasing memiliki pedoman kebijakan yang berbeda saat pengurusan pengambilan BPKB sepeda motor. Kami menyarankan Anda terlebih dahulu bertanya kepada pihak terkait tentang ketentuan tersebut. Tetapi tentu membutuhkan surat kuasa jika ia ingin meminta orang lain untuk mengambil alih BPKB.

terusan dari :

contoh surat kuasa penuh
Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Untuk jadwal terkini, silahkan lakukan cek secara berkala pada website ini, anda dapat menggunakan fasilitas pencarian. Sampai 5 hari kedepan yakni hari Selasa, 26 Mei 2020 artikel akan konsisten diupdate.