HOME

Home » D.I Yogyakarta » DKI Jakarta » Informasi » Jawa Barat » Jawa Tengah » Jawa Timur » Kalimantan » Sumatra Barat » Update Terbaru » Cara Perpanjangan STNK Online beserta Biayanya ⚡

Cara Perpanjangan STNK Online beserta Biayanya ⚡

Cek informasi terbaru SAMSAT Keliling Online terkait Cara Perpanjangan STNK Online beserta Biayanya ⚡. Lokasi dan jadwal pelaksanaan untuk perpanjangan STNK Online melalui layanan SAMSAT Corner, Samsat Keliling dan Samsat Desa dalam topik atau wilayah D.I Yogyakarta, DKI Jakarta, Informasi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, Sumatra Barat, Update Terbaru. Perhatian! info berikut mengambil data dari jadwal terbaru atau sebelumnya jika belum tersedia.

Perpanjangan STNK Online 2020 – Dewasa ini perkembangan teknologi semakin tahun semakin maju. Perkembangan itu juga memiliki keterkaitan dengan layanan yang diberikan dan diselenggarakan oleh instansi pemerintah salah satunya yakni kepolisian republik Indonesia, yang mana salah satu layanan yang dilaksanakan hingga saat ini adalah layanan perpanjangan STNK Online atau Surat Tanda Nomor Kendaraan.

Mengurus STNK dengan metode online ini a melalui layanan mobil SAMSAT keliling mempermudah masyarakat khususnya warga yang hendak melakukan dan melalui proses perpanjang STNK secara cepat, mudah dan lebih dekat.

Cara perpanjangan STNK Online

Apakah Pajak Kendaraan Anda Sudah Dibayar? Cek Pajak Kendaraan anda secara Online di sini untuk proses perpanjang Surat tanda nomor motor atau mobil anda, gratis. Begitulah memang adanya bahwa layanan ini sangat membantu masyarakat yang mungkin akan atau telah membeli motor bekas dan tidak tahu berapa pajaknya. Dengan mengecek dan melacak plat nomor kendaraan kita dapat dengan mudah mengetahui berapa nilai bayar pajak kendaraan secara online.

Detail Informasi Perpanjangan STNK Online

Layanan perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK yang dapat dilakukan tanpa harus datang ke SAMSAT atau Polres setempat (sesuai domisili). Pelayanan ini mengkhususkan hanya untuk perpanjangan STNK tahunan saja. Dimana STNK yang akan diperpanjang oleh pemilik atau pengemudi kendaraan roda 2 (dua) motor dan pengemudi kendaraan roda 4 (empat) atau mobil.

Bagaimana alur proses pajak STNK 5 Tahunan

Pengurusan prosedur Perpanjang Pajak Kendaraan Bermotor

Penjelasan untuk gambar Registrasi Perpanjangan STNK yang dapat dilakukan secara online di atas sebagai berikut.

  1. Pemohon atau pengendara yang telah memiliki STNK datang ke lokasi SAMSAT Corner (biasanya adalah Mobil STNK Keliling atau STNK Corner seperti di dalam mall)
  2. Mencari dan Mengambil serta mengisi formulir yang disediakan
  3. Melakukan cek fisik kendaraan
  4. Setelah selesai dan lengkap mengisi kembali ke petugas untuk dikumpulkan formulir perpanjangan STNK ke loket pendaftaran untuk diteliti kelayakan persyaratan
  5. Menunggu petugas STNK Corner
  6. Setelah selesai di cek dan diprinnt khan lembar yang baru untuk STNKnya, maka silahkan menunggu kembali sampai proses cetak kartu STNK baru beserta masa berlaku STNK yang telah diperpanjang
  7. Saat pencetakan kartu STNK telah selesai, maka anda akan dipanggil oleh petugas

Tips Perpanjang STNK Online dengan e-Samsat

Ada baiknya sebelum memulai melakukan proses perpanjangan STNK silahkan cek data pajak kendaraan bermotor anda melalui cek pajak kendaraan motor dan mobil berikut ini. selengkapnya silahkan cek dan baca pada artikel berikut.

Cara Cek Pajak Kendaraan untuk Motor dan Mobil

Setelah mendapatkan data informasi besaran biaya pajak untuk cross-check dengan data pajak pada step berikutnya nanti. Lalu lanjutkan sesuai dengan informasi proses tata cara dan stepnya di bawah ini.

Membuka Situs e-Samsat

Langkah pertama yang harus anda lakukan dari cara perpanjang STNK Online adalah dengan mengunjungi website resmi e-Samsat yang telah tersedia disetiap provinsi di Indonesia. Untuk diketahui, layanan e-Samsat hanya berlaku untuk dalam provinsi dan bukan antar provinsi, oleh karena itu jika anda sedang berada di luar wilayah yang tidak sesuai dengan data pelat nomor kendaraan, maka anda tidak dapat memakai layanan ini.

Memilih Kota Tempat Pengambilan Nota Pajak

Cara perpanjang STNK online selanjutnya dengan memilih kota tempat pengambilan nota pajak. Jadi, sebelum anda membayar lewat m-banking, sms-banking, ibanking atau internet banking, anda harus mengisi form kembali.

  1. Masukkan kota
  2. Pilihlah Samsat terdekat
  3. Pilihlah Bank yang ingin digunakan untuk membayar
  4. Apabila kode bayar sudah muncul, klik print
  5. Jika sudah selesai nantinya kamu akan melihat kode bayar, jumlah uang yang wajib dibayarkan, dan alamat Samsat di mana nantinya sebagai tempat untuk mengambil nota pajaknya

Proses Pembayaran Pajak Motor Online

Lakukan pembayaran perpanjangan STNK Online dapat dilakukan melalui internet banking atau ATM dan juga M-Banking. Ikuti petunjuk dilayar pada menu Pembayaran.

Batas waktu penukaran nota pajak, hanya sampai tujuh hari sejak print out bukti pembayaran. Maka dari itu, pembayaran pajak motor online ini disarankan setelah print out, hari itu juga sebaiknya segera ke kantor Samsat untuk mengambil nota pajaknya.

Proses Pembayaran Pajak Motor Online

Pengambilan Nota Pajak di Samsat

  1. Setelah membayar STNK online melalui media yang anda pilih, selanjutnya anda tinggal mengambil nota pajak di Samsat yang telah di daftarkan sejak proses pembayaran sebelumnya.
  2. Anda juga perlu membawa bukti pembayaran, KTP, dan STNK yang asli untuk diserahkan ke loket pembayaran.

Lokasi layanan perpanjangan STNK Online

Biasanya layanan ini dapat berlokasi ditempat yang berbeda dan tertentu. Layanan perpanjangan STNK Online dapat anda temukan biasanya menggunakan mobil STNK Keliling (ada tulisannya di bodi mobil atau bus yang dipakai) dan juga di STNK Corner yang biasanya berlokasi dan bertempat di dalam mall-mall atau juga ditempat tertentu yang juga telah ditentukan oleh pihak kepolisian. Untuk lokasi terkini mobil STNK keliling atau SAMSAT corner dapat anda cek melalui link berikut.

SAMSAT Corner di Mall

Baca Juga :

Melacak Ponsel yang hilang dengan IMEI
Service Motor Honda Terdekat di Kota Kamu

Syarat perpanjangan STNK Online

Secara umum persyaratan mengikuti perpanjangan STNK di SAMSAT Corner / SAMSAT Desa kurang lebih sebagai berikut.

  • Mengisi formulir pengajuan perpanjangan STNK (Saat ini beberapa layanan sudah tidak perlu)
  • Membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli yang masih berlaku bagi Warga Negara Indonesia atau dokumen keimigrasian bagi Warga Negara Asing
  • STNK Asli

Mengenai Biaya yang dibebankan

Merujuk pada peraturan yang berlaku maka biaya perpanjangan STNK Mandiri via Online ini masih sesuai dengan undang-undang yang berlaku dan berbeda untuk tiap kendaraan yang akan dipajaki yakni mobil atau motor.

Jangan telat atau kena denda

Syarat Perpanjangan STNK

  1. Dan untuk diingat satu hal ini adalah alasan layanan ini hanya khusus untuk perpanjangan STNK tahunan dan tidak untuk 5 tahunan atau ganti plat nomor.
  2. Jangan sampai telat melakukan perpanjangan, jika telat memperpanjang STNK apa yang terjadi adalah artinya STNK anda mati dan anda harus melakukan pembayaran extra untuk denda sesuai dengan berapa hari keterlambatan pajak kendaraan anda.

Demikian informasi mengenai apa itu STNK online dan bagaimana cara melakukan atau memperpanjang STNK secara online. Artikel ini representasi dari sumber berikut ini, akan diupdate lebih lengkap dikemudian hari. Jika artikel ini bermanfaat silahkan bagikan kepada teman dan saudara anda, terima kasih.

Langkah-langkah dan syarat yang diperlukan

Seperti dikutip dari dari NTMC Polri, berikut ini step dan langkah tentang bagaimana proses penggunaan Samsat online lewat aplikasi atau e-SAMSAT:

e samsat online nasional

  1. Download aplikasi Samsat Online Nasional di Playstore aplikasi seperti gambar di atas. Setelah itu Anda harus mengisi data.
  2. Pilih menu pajak kendaraan bermotor (PKB) dan tekan menu pendaftaran.
  3. Selanjutnya muncul pemberitahuan. TBPKP (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran) dan stiker pengesahan STNK selanjutnya akan dikirim ke alamat yang tertera di STNK. Di sini kita diminta untuk mengambil keputusan, apakah setuju dan tidak setuju. Tekan setuju untuk melanjutkan prosesnya.
  4. Lalu muncul formulir yang harus diisi wajib pajak (orang yang bayar pajak). Yakni nomor polisi, NIK, lima digit terakhir nomor rangka, nomor telepon dan email.
  5. Jika anda sudah mengisi semuanya, selanjutnya tekan tombol lanjutkan. Sistem segera memproses data itu selama kurang lebih satu menit.
  6. Jika data yang dimasukkan sudah benar, muncul data lengkap mengenai kendaraan yang akan dibayarkan pajaknya. Sekaligus besaran pajak yang harus dibayarkan.
  7. Kemudian, wajib pajak tinggal menekan tombol setuju dan setuju untuk mendapatkan kode bayar. Ini digunakan buat membayar pajak melalui layanan E-Channel perbankan (e-Banking atau ATM).

Lokasi Mengurus STNK secara Online Jakarta

Info lebih detail terkait anda yang ingin melakukan perpanjangan atau memperpanjang STNK online di Jakarta akan berada di sini. Anda dapat mengecek biaya pajak kendaraan wilayah jakarta melalui artikel kami berikut ini: Cek Pajak Mobil dan Motor.

Pajak Perpanjangan STNK Jawa Barat

Tidak lupa juga layanan untuk info ini juga terkait atas area dan wilayah JABODETABEK yakni Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi serta Karawang, Banten, Ciamis, Cianjurm Cirebon, Garut, Indramayu, Pengandaran, Purwakarta, Subang, Sukabumi, Sumedang, CImahi, Bandung, dan Tasikmalaya akan kami informasikan pada tab langsung menuju konten berikut perpanjang Online Surat STNK area / wilayah Jabar.

Perpanjang STNK Online Jawa Timur

Update terbaru info layanan perpanjang STNK Jatim yakni Surabaya, Malang, Gresik, Magetan, Kediri. Area Blitar, Madura dan Pati akan diupdate secara terpisah namun juga tidak menutup kemungkinan akan diupdate pada artikel ini.

Selanjutnya untuk daerah Jatim khususnya area Terban, Banyuwangi serta Madiun akan kami tulis di sini.

Pajak Online STNK Wilayah Jateng DIY

Mengenai pelayanan STNK keliling online terdampak khususnya daerah Jawa Tengah yakni Semarang, Solo, Klaten, Surakarta, Magelang, Sragen, Purworejo, Purwodadi, Grobogan, Wonosobo, Banyumas, Cilacap, Indramayu, Wonogiri.

Kami masih mencari informasi terbaru untuk lokasi jateng dan setelah mengetahuinya akan dimasukan pada bagian topik khusus wilayah DIY Kedu dan Jateng.

Lokasi Perpanjangan STNK Tangerang

Selanjutnya untuk anda yang berlokasi di Tangerang dan sekitarnya silahkan ikuti petunjuk ini sebagai referensi. Data lokasi dan cara perpanjang STNK online via website atau apps akan kami tuliskan dibagikan pada kesempatan berikutnya.

Jika anda ingin melakukan kepengurusan surat motor anda, anda juga bisa datang di polres setempat terlebih dahulu.

Kesimpulan

Tata cara dan prosedur perpanjang STNK secara online di SAMSAT Desa

Sekali lagi, perpanjangan STNK Online adalah salah satu layanan untuk masyarakat luas sebagai hasil dari perkembangan teknologi yang ada di Indonesia sekarang ini.

Layanan ini sangat bermanfaat selain lokasi untuk melakukan proses perpanjangan lebih dekat dengan rumah anda atau kantor anda, anda juga tidak perlu mengantri terlalu panjang seperti di SAMSAT atau Polres. Ini terjadi karena pembatasan formulir untuk perpanjangan STNK di SAMSAT Corner dan SAMSAT Keliling itu sendiri.

Dengan demikian antrian tidak terlalu panjang namun anda harus datang lebih awal agar dapat mendapatkan formulir perpanjangan STNK Online ini (jika perlu).

terusan dari :

samsat gresik april 2020, cara perpanjangan STNK di samsat kota Kediri, cara bayar pajak motor di samsat gresik, syarat perpanjang stnk, perpanjang stnk online, tempat bayar pajak sepeda motor Gresik, perpanjangan stnk surabaya, cara bayar pajak stnk via online gresik jawatimur ?, Info memperpanjang stnk kediri, jadwal perpanjangan stnk di bekasi
Update secara berkala pada website samsatkeliling.info akan di lakukan kembali pada Selasa, 11 Agustus 2020. Pastikan anda untuk selalu mengecek jadwal samsat keliling terbaru, karena jadwal dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Jika belum ketemu, silahkan menggunakan fitur pencarian di atas.