HOME

Home » Informasi » Cara Mudah Melacak HP dengan IMEI

Cara Mudah Melacak HP dengan IMEI

Tanggal 24 May 2020 | Kategori Informasi

Selamat datang di situs informasi jadwal SAMSAT Online yang memberikan informasi jadwal dan lokasi pelaksanaan SAMSAT Corner Online terkait perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang mungkin Anda butuhkan, Cara Mudah Melacak HP dengan IMEI. Jadwal terbaru terkait wilayah Informasi dapat dicek melalui link kategori yang tersedia. Untuk perhatian! jadwal berikut bersifat kemungkinan, kami mengambil data dari jadwal sebelumnya.

IMEI sebagai nomor identitas HP hampir semua orang tahu dan setiap orang akan menempatkan Handphone sebagai salah satu barang penting untuk saat ini yang harus dimiliki. Semua ini karena hampir semua orang atau pemilik HP diberikan kemudahan dalam beraktifitas karena fungsinya yang sangat efisien.

Cara Melacak HP dengan IMEI

HP atau kependekan dari handphone (dalam bahasa bahasa Indonesia adalah telepon genggam), setiap warga atau lapisan masyarakat manapun semakin hari semakin bergantung pada alat komunikasi yang satu ini. Meskipun banyak orang yang menilai penting, tidak sedikit juga diantara kita yang kemudian menyimpan di tempat yang tidak semestinya dan bahkan lupa atau hilang.

Anda pernah menyimpan HP anda dan lupa? Saya rasa 50% orang di dunia ini pernah mengalaminya.

Panik? Pastinya, tapi jangan lama-lama ya sob, karena kecemasan akan membuat kita semakin bingung mencari HP bagaimana selanjutnya.

Jika anda mengalaminya alangkah baiknya jika anda masih ingat nomor IMEI dari HP kesayangan anda tersebut, namun masa sih beneran mau mengingat nomor IMEI HP anda? Tidak khan ya, lebih baik anda mengambil dusbook HP anda lalu mengeceknya pada bagian samping bodi dusbook tersebut.

Apa yang dimaksud dengan IMEI

  • IMEI adalah International Mobile Equipment Identity yakni sebuah atau beberapa buah nomor identitas HP yang menyimpan berbagai macam data penting.
  • Setiap HP dapat mempunyai satu atau lebih nomor IMEI tergantung berapa jumlah SIM slot yang dapat dipakai pada ponsel tersebut,
  • walaupun IMEI dari sim satu saja yang akan digunakan sebagai identitas resmi.

Cara Mendapatkan Nomor IMEI

Untuk bisa melacak hp dengan IMEI, anda perlu tahu nomor IMEI nya. Berikut adalah beberapa cara cek IMEI hp:

  • Cari di kotak dus hp, biasanya ada semacam barcode beserta IMEI.
  • Dial *#06# dan nomor IMEI akan muncul di layar.
  • Buka baterai hp, lihat bagian dalamnya, dan cari 15 atau 16 digit angka IMEI.
  • Buka menu “Settings” > “About Phone” > “Status” > “IMEI information” (Android)
  • Buka menu “Settings” > “General” > “About”, lalu cari nomor IMEI (iPhone)

Cara Melacak HP dengan IMEI

Sebagai nomor identitas HP, IMEI dapat digunakan untuk melacak HP. Terdapat beberapa cara yang bisa kita pilih, berikut ini kami akan jelaskan satu-persatu step by step cara melacak HP dengan IMEI

Melalui  Find My Phone Google

Pada step ini kita akan membahas cara mencari HP via IMEI HP melalui situs atau websitenya google yakni Find My Phone Google. Sebelumnya, terdapat beberapa syarat yang harus kita penuhi, yaitu:

  • Pastikan kita mengingat kode IMEI dari HP yang hilang. Jika tidak, opsi kedua adalah minimal kita punya dusbook HP tersebut. Jika kita tidak memilikinya dan tidak mengingatnya, maka HP tidak bisa dilacak menggunakan IMEI. Ingat, tidak berlaku untuk HP bekas, kecuali kamu sudah mencatat nomor IMEI HP yang hilang tersebut.
  • HP yang kita lacak sedang aktif/ dalam keadaan tidak mati.
  • Mode lokasi sebaiknya aktif, kalaupun tidak aktif dan mati maka pencariannya tidak akan seakurat jika fitur tersebut hidup (optional).

 

Cara Melacak HP Hilang Lewat IMEI Untuk Smartphone Android

Google “Temukan Perangkat Saya”. Cara Mudah Melacak HP Hilang Atau Dicuri.

Jika syarat-syarat tersebut terpenuhi, berikut cara melacaknya (Pastikan sudah terhubung akses internet) dan akan lebih mudah jika HP tersebut sudah terhubung langsung dengan akun Google khususnya untuk HP android :

  1. Masuk ke situs Find My Phone Google.
  2. Masukan nomor IMEI HP yang hilang.
  3. Tunggu beberapa menit dan apabila anda melihat menu/ notifikasi dengan tanda seru, klik tanda tersebut.
  4. Jika sudah terdapat keterangan bawah HP android anda sudah berhasil dilacak. Maka selanjutnya kita pun bisa menuju lokasi untuk mengambil HP tersebut.
  5. Setelah sampai di lokasi, bunyikan HP android dengan memilih pilihan Putar Suara.
  6. Jika kita merelakan HP tersebut, pilihlah opsi Hapus Perangkat. Artinya, kita menghapus semua data yang ada dalam HP tersebut.

Melalui Gerai Operator Penyedia Jaringan

Kunjungi gerai operator penyedia layanan jaringan adalah opsi kedua dan merupakan cara lainnya yang kamu bisa gunakan dengan mengunjungi gerai operator penyedia jaringan.

Di sana kita hanya perlu untuk membawa nomor perdana dan nomor IMEI HP yang hilang (jika perlu bawa dusbook HP), kemudia petugas akan membantu mencari tahui keberadaan ponsel kita yang hilang.

Poin yang perlu digaris bawahi adalah cara ini hanya akurat dan efisien jika GPS, koneksi internet di HP kita yang hilang sedang aktif dan terdeteksi serta tidak lain juga adalah HP yang sedang kita cari dalam keadaan aktif.

mengunjungi operator selular untuk mencari HP hilang dengan IMEI

Seringkali untuk beberapa kasus, lokasi yang terdeteksi adalah lokasi terakhir saat HP dalam keadaan menyala. Selebihnya, jika HP tersebut nonaktif, maka lokasinya tidak dapat terdeteksi.

Kesimpulan

Semakin ganti tahun handphone semakin dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang tidak akan membuat kita ketinggalan. Beberapa fitur yang sedang hits sekarang adalah privasi, dan tentunya keamanan.

Dengan banyaknya smartphone yang beredar, dan bahkan setiap orang dapat memiliki lebih dari satu hp, bisa dibayangkan jika satu orang saja memiliki 2 hp dengan fitur tiap hpnya mampu menampung SIMCard slot sampai dengan 3, maka tiap orang akan mungkin memiliki lebih dari 5 nomor telepon dan tentu saja semakin meningkat juga angka pencurian dan maling hp.

Untungnya berkat semakin majunya teknologi seperti sekarang ini, kita sekarang bisa melacak hp hilang lewat internet menggunakan akun yang terhubung ke hp, seperti Google Account dan Apple ID.

Tapi, kalau akun tersebut tidak berfungs tenang masih ada cara terakhir yang tidak ada salahnya dicoba yaitu dengan bantuan IMEI. Semua HP yang ada di dunia ini mempunyai nomor IMEI yang berbeda dan pasti unik, dan bisa jadi salah satu jalan alternatif melacak HP hilang.

Tidak menutup kemungkinan, HP yang hilang akan kembali ditemukan. Jika upaya menggunakan IMEI belum berhasil, jangan patah semangat, masih banyak cara lain yang bisa kamu lakukan.

Dari beberapa cara di atas antara cara mencari HP dengan IMEI yang pertama dan cara melacak HP dengan IMEI dan nomor perdana SIM di penyedia layanan jaringan tidak terlalu signifikan. Jadi jika kamu memiliki perangkat untuk mencari dengan cara pertama maka kamu tidak perlu menggunakan cara yang kedua, karena kemungkinan hasilnya adalah sama.

Tapi sekalipun hasilnya nihil, setidaknya kita sudah berusaha secara maksimal dan mau tidak mau kamu harus membeli HP penggantinya. Jika anda punya pengalaman tentang melacak HP dengan cara lainnya, bagikan kepada kami, selanjutnya kami akan meng-update artikel ini setiap kali ada saran dan masukan dari anda.

Tanya Jawab Melacak HP dengan IMEI

Banyak yang mencari HP yang hilang dan biasanya meninggalkan beberapa pertanyaan yang sejenis seperti berikut ini:

  • Cara melacak hp yg hilang dengan nomer imei atau dengan email?
    Artikel ini sedikitnya mengandung cara menemukan ponsel yang hilang dengan menyertakan nomer IMEI
  • Bagaimana menemukan hp hilang dalam keadaan mati?
    HP tetap dapat ditemukan, namun sesuai dengan lokasi terakhir HP tersebut aktif, jadi kapan terakhir anda bersama ponsel anda dan kapan terakhir GPS anda hidup? kedua pertanyaan tersebut menjadi poin penting untuk menentukan dimana lokasi terakhir HP.
  • Bagaimana cara melacak hp android yg hilang dengan akun google
    Cek pada artikel ini untuk jawabannya dengan pilihan cara pertama.
  • Bagai mana cara melacak hp yang hilang dalam keadaan nonaktif?
    Silakan fokus ke jawaban berikut “menemukan hp hilang dalam keadaan mati”, poin nomor dua dari sesi Q&A pada artikel ini.

Sumber Referensi

  • Cara Melacak HP Hilang Dengan IMEI, https://goo.gl/7L4EXL
  • Ternyata Nomor IMEI Bisa Digunakan untuk Cari Ponsel yang Hilang Tapi Ada Syaratnya, https://goo.gl/zaTma9
  • Cara Melacak Nomor IMEI di Perangkat Android, https://goo.gl/s82ZFv
  • Cara Melacak HP Hilang Lewat IMEI Untuk Smartphone Android, https://goo.gl/TXUJxM
Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Untuk jadwal terkini, silahkan lakukan cek secara berkala pada website ini, anda dapat menggunakan fasilitas pencarian. Sampai 5 hari kedepan yakni hari Selasa, 26 Mei 2020 artikel akan konsisten diupdate.