HOME
Home » Informasi » Jawa Barat » Jawa Tengah » Jawa Timur » 3 Cara & Langkah Melacak Kendaraan yang Hilang

3 Cara & Langkah Melacak Kendaraan yang Hilang

Tanggal 23 April 2021

Cek informasi terbaru SAMSAT Keliling Online terkait 3 Cara & Langkah Melacak Kendaraan yang Hilang. Lokasi dan jadwal pelaksanaan untuk perpanjangan STNK Online melalui layanan SAMSAT Corner, Samsat Keliling dan Samsat Desa dalam topik atau wilayah Informasi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur. Perhatian! info berikut mengambil data dari jadwal terbaru atau sebelumnya jika belum tersedia

Kendaraan Hilang – Ada beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk mencari kendaraan Anda yang hilang. jangan terlalu khawatir karena beberapa solusi berikut ini dapat Anda lakukan hal tersebut.

Seperti kita tahu setiap orang tentu tidak ingin kehilangan kendaraan bermotor mereka namun pada kenyataan di zaman sekarang ini semakin banyak aksi kriminalitas yang terjadi di beberapa tempat yang ternya rawan terjadinya pencurian.

Inilah Cara Melacak Mobil Hilang yang Wajib Kamu Ketahui

Tempat-tempat tersebut tentu saja tempat yang sunyi atau gelap dimana memiliki ciri-ciri tersendiri yang memungkinkan pencuri menjalankan aksinya dan bahkan dapat terjadi setiap hari dan bisa menimpa siapa saja dan kapan saja.

Saat seseorang kehilangan motor tentu saja orang tersebut akan merasa frustasi, terlebih lagi jika motor tersebut adalah motor kesayangan atau masih dalam masa kredit. selain masalah akan semakin bertambah Anda juga akan pusing bagaimana cara mencari dan melacak kendaraan yang hilang.

Nah untuk mengatasi masalah ini kami memiliki beberapa tips dan cara untuk mencari dan melacak hilang seperti yang akan kami lampirkan pada artikel di bawah ini.

Bagaimana cara melacak kendaraan yang sudah terlanjur hilang? dan apa yang harus anda lakukan. Hal pertama yang harus anda lakukan Sebaiknya anda tidak panik, silakan Tenangkan diri Anda berpikir secara jernih kemudian silakan ikuti langkah-langkah berikut ini cara melacak motor hilang.

Melapor ke pihak berwajib atau polisi

Cara ini adalah cara-cara awal yang dapat Anda lakukan untuk Melacak Kendaraan yang Hilang dengan segera melapor ke pihak berwajib. cara ini merupakan langkah pertama melacak motor hilang lewat jalur hukum.

Datanglah ke pihak berwajib atau polisi. kemudian petugas atau polisi akan membantu Anda yang sedang kebingungan mencari motor yang hilang. dengan memberikan informasi yang valid gas yang dibutuhkan, maka polisi akan secara langsung mengecek dan membantu Anda menangani masalah Anda tersebut.

Baca juga:

Petugas tidak hanya akan melihat berkas dan laporan Anda Namun juga akan menangani masalah kehilangan motor Anda tersebut dengan cara berbeda Yakni dengan cara intelijen, saya dimulai dengan melihat rekaman lalu lintas hingga menanyai warga sekitar sebagai saksi mata kejadian.

Baca juga :  Jadwal SAMSAT Keliling Jawa Timur Hari Ini

Pihak kepolisian akan melakukan cek plat nomor atas kendaraan yang hilang dan mulai meninvestigasi laporan yang anda berikan.

Sedikit catatan untuk anda khususnya untuk Anda yang ingin langsung melaporkan ke polisi namun sebenarnya kendaraan Anda masih dalam masa kredit. sebaiknya silakan temui pihak leasing terlebih dahulu Tujuannya adalah untuk mempermudah proses pencairan dan klaim asuransi. soalnya jika anda langsung melaporkannya ke petugas kepolisian untuk mencari kendaraan Anda yang hilang, maka secara otomatis STNK dan kunci motor akan disita oleh pihak Kepolisian. bukan apa-apa hal tersebut sebagai bukti atas barang yang hilang yang dibutuhkan untuk proses melacak kendaraan.

Menginformasikan berita kehilangan kendaraan

Dengan mengirim informasi berita kehilangan motor seluas mungkin, tentu saja sosial media akan sangat membantu dalam proses pelacakan motor Anda yang hilang.

Sabar Ki pada salah satu postingan kawan kita di bawah ini yang kehilangan salah satu motor Honda CBR lewat sosial media Facebook atau Twitter.

Menginformasikan berita kehilangan kendaraan

Dengan memanfaatkan smartphone Anda dapat dengan mudah menyebarkan informasi melacak motor hilang seluas mungkin. beritakan kabar Bahwa motor Anda hilang dengan kronologi yang jelas, lokasi kendaraan Anda hilang dimana lewat media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dll.

Catatan: Jangan menunggu berbulan-bulan untuk melaporkan kasus kehilangan mobil, karena semakin lama anda melaporkannya maka akan semakin sulit dan lama pula proses untuk melacak lokasi mobil anda tersebut.

Cara Melacak Kendaraan yang Hilang

Berikut ini rangkuman cara dan tips yang dapat membantu anda menemukan kendaraan yang hilang yang mungkin saja sudah berbulan-bulan.

Mencari Informasi Lokasi Kendaraan secara Online

Kecanggihan smartphone bisa juga Anda gunakan untuk mengakses website pelacak kendaraan online untuk melacak keberadaan motor Anda. Namun sistem pelacakan kendaraan yang telah hilang hanya bisa dilakukan jika anda telah memasang GPS tracker pada kendaraan Anda. Selanjutnya dari website pelacak motor hilang anda akan memperoleh informasi mengenai lokasi terakhir dimana kendaraan hilang. Jika anda memasang alat GPS yang canggih tentu saja andapun jika bisa mematikan mesin kendaraan dari jarak jauh.

Melacak Kendaraan yang Hilang

Dari sini, Anda tentu tahu bahwa pemasangan GPS itu juga sangat diperlukan agar nantinya jika motor Anda sewaktu-waktu hilang, Anda bisa menemukannya dengan mudah dengan mengandalkan GPS motor.

Baca juga :  STNK Masih Bisa Hidup Berikut Cara Mengurus STNK Mati

Untuk melacak kendaraan yang hilang secara online demikian adalah satu-satunya cara yang dapat anda lakukan. Biasanya mobil atau motor kelas atas yang sudah didukung dengan fitur tersebut, jika kendaraan anda tidak termasuk kendaraan tersebut, maka anda harus memasangnya sendiri.

Tips Cara Mencari Motor yang Hilang

Berikut ini kami berikan sedikit tips tambahan dari kami jika anda mengalami kehilangan kendaraan baik itu mobil ataupun motor. Tips berikut adalah pra-kejadian dimana ini adalah upaya pencegahan yang mungkin dapat anda lakukan.

  • Menggunakan Kunci Setang ke Arah Kanan
    Hal ini wajib hukumnya jika anda parkir di tempat umum, bahkan ketika anda parkir dirumah anda sendiri.
  • Memasang Gembok dan Rantai
    Hanya lakukan ini saat anda berada di rumah anda atau di ruang parkir yang mengijinkan pemakaian alat gembok dan rantai, karena terkadang tukang parkir perlu memindahkan motor anda, jadi tanya petugas parkirnya dulu ya
  • Memasang Baut Baja
    Anda juga bisa memasang baut baja pada lubang mur. Cara seperti ini akan membuat para maling berpikir dua kali untuk mencuri motor Anda karena bisa jadi mereka tidak membawa kunci yang pas untuk membuka baut. Alhasil, mereka akan membatalkan maksud pencurian motor Anda.
  • Memasang Alarm
    Pada kendaraan masa kini, fitur ini secara umum telah di semayamkan pada kendaraan, seperti yang terlihat pada motor Honda PCX atau Yamaha NMAX bertipe keyless. Namun jika motor anda adalah seperti Vixion atau Suzuki Inazuma maka anda harus secara manual menanamkan fitur alarm ini. Ketika kendaraan digerakkan, maka alarm akan berbunyi, sehingga itu artinya maling akan berpikir berkali-kali bahkan langsung lari saat suara alarm itu terdengar
  • Pemasangan GPS
    GPS adalah alat yang paling canggih untuk melacak keberadaan kendaraan anda nantinya jika sampai hilang. Alat ini dapat melacak lokasi tempat dimana motor atau mobil anda berada. Alhasil anda tidak perlu khawatir, karena sekalipun dicuri anda tetap dapat melacak keberadaan kendaraan anda dan tentunya akan segera menemukan lokasinya.

Demikianlah Informasi Langkah-langkah untuk Melacak Kendaraan yang Hilang yang telah kami rangkum. Semoga bermanfaat bagi anda khususnya yang mengalami kehilangan kendaraan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Update secara berkala pada website samsatkeliling.info akan di lakukan kembali pada Sabtu, 24 April 2021. Pastikan anda untuk selalu mengecek jadwal samsat keliling terbaru, karena jadwal dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Jika belum ketemu, silahkan menggunakan fitur pencarian di atas.