Sekilas Tentang PAFI

PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia) adalah organisasi yang berperan penting dalam bidang kesehatan masyarakat dan farmasi di Indonesia. Sejarah PAFI dimulai sejak proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Juni 1945, di mana para ahli farmasi bersama dengan masyarakat lainnya berjuang untuk mengusir penjajah dari bumi Indonesia dan mempertahankan kemerdekaan. Setelah kemerdekaan, mereka terus berperan aktif dalam pembangunan negara dan masyarakat.

Sejarah Berdirinya PAFI

Pada tanggal 13 Juni 1946, di Yogyakarta, dibentuklah sebuah organisasi yang dinamakan “Persatuan Ahli Farmasi Indonesia” sebagai wadah untuk menghimpun semua tenaga yang berkarya di bidang farmasi. Organisasi ini kemudian dikenal dengan singkatan PAFI. PAFI bertujuan untuk menyatukan para ahli farmasi di seluruh Indonesia, mengkoordinasikan usaha mereka, dan memperjuangkan kepentingan bersama di bidang farmasi dan kesehatan masyarakat.

Peran dan Fungsi PAFI

PAFI merupakan salah satu potensi pembangunan yang tidak pernah absen dalam perjuangan pembangunan negara. Sesuai dengan fungsinya, para ahli farmasi yang tergabung dalam PAFI tidak hanya menjalankan tugas keseharian mereka tetapi juga berupaya mempertinggi taraf kesejahteraan umum, khususnya di bidang kesehatan masyarakat dan farmasi. PAFI berperan aktif dalam berbagai aspek pembangunan kesehatan di Indonesia, termasuk dalam pengembangan ilmu farmasi, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, dan penyebaran informasi kesehatan kepada masyarakat.

Referensi dalam postingan Tips dapat berbeda dengan pelaksanaan di lapangan. Keakuratan informasi tidak bisa kami jamin khususnya selama pandemi covid-19 yang masih berlangsung. Untuk menghindari missleading info lokasi dan jadwal pelaksanaan pada hari ini maupun posisi Mobil SAMSAT Keliling besok di wilayah Tips bulan . Pemohon harus secara langsung ke polresta setempat untuk melakukan konfirmasi secara pribadi.

Baca juga :  Dealer Toyota Semarang: Pusat Kendaraan Impian Anda

Tujuan PAFI

PAFI memiliki beberapa tujuan utama yang menjadi landasan bagi segala kegiatan dan program yang dijalankan, yaitu:

  1. Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 PAFI berkomitmen untuk ikut serta dalam pembangunan masyarakat yang adil dan makmur dengan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.
  2. Mewujudkan Derajat Kesehatan yang Optimal bagi Masyarakat Indonesia Salah satu tujuan utama PAFI adalah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia melalui berbagai program dan kegiatan yang mendukung peningkatan layanan kesehatan.
  3. Mengembangkan dan Meningkatkan Pembangunan Farmasi Indonesia PAFI berupaya mengembangkan ilmu dan teknologi farmasi di Indonesia, serta meningkatkan kapasitas dan kualitas tenaga farmasi untuk mendukung pembangunan kesehatan yang berkelanjutan.
  4. Meningkatkan Kesejahteraan Anggota PAFI juga berfokus pada peningkatan kesejahteraan anggotanya melalui berbagai program pengembangan profesional, pelatihan, dan kegiatan lainnya yang mendukung peningkatan kompetensi dan kesejahteraan tenaga farmasi.

Struktur dan Kedudukan PAFI

PAFI dan Pengurus Pusat PAFI berkedudukan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan dasar Pancasila. Organisasi ini bersifat kekaryaan dan pengabdian, mengedepankan profesionalisme dalam setiap kegiatannya. PAFI memiliki struktur organisasi yang teratur dengan pengurus pusat yang mengoordinasikan kegiatan di tingkat nasional, serta pengurus daerah yang menjalankan program di tingkat lokal.

PAFI dalam Pembangunan Kesehatan Nasional

PAFI memiliki peran strategis dalam pembangunan kesehatan nasional. Sebagai organisasi profesi, PAFI tidak hanya menjadi wadah bagi para ahli farmasi untuk berkolaborasi, tetapi juga menjadi motor penggerak dalam pengembangan kebijakan kesehatan, peningkatan akses masyarakat terhadap layanan farmasi yang berkualitas, serta edukasi kesehatan kepada masyarakat.

Baca juga :  Ukuran Shock Belakang Beat: Kenali Dimensinya agar Tepat dalam Memilih

Dengan adanya PAFI, para ahli farmasi di Indonesia memiliki platform untuk mengembangkan diri, berbagi pengetahuan dan pengalaman, serta berkontribusi secara nyata dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat. Keberadaan PAFI juga memastikan bahwa profesi farmasi di Indonesia terus berkembang dan mampu menjawab tantangan-tantangan kesehatan di masa depan.

Kesimpulan

Layanan ini diselenggarakan oleh pemerintah Tips setempat. Adapun ketersediaan pelayanan yang dilaksanakan samsat keliling ini adalah hanya untuk perpanjangan STNK tahunan saja. Untuk pajak kendaraan 5 tahunan termasuk cek fisik dan ganti plat nomor (TNKB), bisa dilakukan di SAMSAT Tips.

PAFI.ID merupakan organisasi yang memainkan peran penting dalam dunia farmasi dan kesehatan di Indonesia. Sejak didirikan pada tahun 1946, PAFI terus berkomitmen untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, mengembangkan ilmu farmasi, dan meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Dengan dasar Pancasila dan semangat pengabdian, PAFI menjadi pilar penting dalam pembangunan kesehatan nasional. Melalui berbagai program dan kegiatan, PAFI memastikan bahwa para ahli farmasi di Indonesia terus berkembang dan berkontribusi secara maksimal dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi PAFI.ID.

Update secara berkala di lakukan pada . Pastikan untuk selalu cek jadwal terbaru, karena lokasi dan posisinya dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Rujukan dalam artikel Sekilas Tentang PAFI ini merupakan perpaduan informasi yang dilansir dari sejumlah website.

error: Alert: Content is protected !!