Jadwal SAMSAT Keliling Batam Hari Ini Desember 2021

Jadwal dan SAMSAT Keliling Batam Desember 2021 – Direktorat Polres Batam telah menyelenggarakan layanan SAMSAT Keliling dan Corner. Untuk anda yang akan melakukan perpanjangan STNK bisa merapat ke lokasi layanan SAMSAT Keliling Batam dan SAMSAT Corner berikut selama bulan Desember 2021.

Bus Samsat Keliling Batam Desember 2021

Pelayanan yang diberikan oleh Samsat Batam secara optimal tentunya harus diimbangi dengan tanggungjawab masyarakat yang ingin melakukan berbagai kegiatan administratif perpajakan. Seperti pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), Penerbitan STNK maupun Pajak Kendaraan Tahunan atau Perpanjang STNK. Tentunya masyarakat harus mempersiapkan berkas atau dokumen yang diperlukan guna memberikan keefektifan waktu dalam menyelesaikan pembuatan SIM tersebut.

Layanan yang disediakan oleh SAMSAT Batam harus juga diimbangi dengan tanggung jawab orang-orang yang ingin melakukan kegiatan perpajakan. Seperti membuat lisensi mengemudi (SIM), penerbitan STNK dan membayar pajak kendaraan bermotor tahunan atau lima tahunan. Tentu saja masyarakat harus menyiapkan file atau dokumen yang diperlukan untuk memberikan efektivitas waktu dalam menyelesaikan pembuatan SIM.

Referensi dalam postingan Batam dapat berbeda dengan pelaksanaan di lapangan. Keakuratan informasi tidak bisa kami jamin khususnya selama PPKM dan pandemi covid-19. Untuk menghindari missleading info lokasi dan jadwal pelaksanaan pada hari ini Rabu maupun besok di wilayah Batam, Riau bulan Desember 2021. Pemohon harus secara langsung ke polresta setempat untuk melakukan konfirmasi secara pribadi.

Syarat dan Dokumen Perpanjang

Berikut ialah daftar syarat yang perlu disanggupi dan diperlengkapi ketilka anda ingin lakukan perpanjangan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) di SAMSAT Corner Batam seperti berikut :

  • Bawa STNK asli dan foto copy
  • Bawa KTP/ E-KTP pemilik kendaraan asli dan foto copy
  • Bawa BPKB asli dan foto copy
  • Tidak mempunyai tunggakan pajak, minimum satu tahun
  • Bawa surat kuasa dan materai dan foto copy KTP yang menerima kuasa jika dikuasakan

Sama seperti yang kita ketahui jika tiap pengendara terutamanya pengendara bermotor harus mempunyai tanda bukti pemilikan surat kendaraan misalnya dengan ada STNKini sesuai Pasal 106 ayat (5), Undang – Undang Nomor 22 Tahun 2009 mengenai Jalan raya dan Angkutan Jalan, jika tiap sopir kendaraan motor daerah harus memiliki surat tanda nomor kendaraan, jadi otomatis jika peran STNK tersebut sangat penting khsusunya untuk pengendara atau sopir kendaraan.

Biaya Administrasi Perpanjang STNK Kendaraan

Jika Anda Warga Batam yang ingin mengetahui biaya Administrasi di Samsat Batam, berikut informasi sebagai referensi yang dapat di jadikan patokan, silahkan cek pada halaman berikut :

  • Biaya perpanjangan STNK sebesar Rp. 100.000 ribu
  • Biaya pengesahan STNK Mobil sebesar Rp. 50.000.
  • Biaya pengesahan STNK Motor sebesar Rp. 25.000 per tahun

Sedangkan ada beberapa hal yang menyatakan bahwa  perpanjangan STNK anda tidak sah, yaitu sebagai berikut :

  • STNK mati pajak lebih dari 2 tahun
  • Persyaratan pengambilan STNK tidak lengkap sesuai dengan berkas adminitrasi
Baca juga :  4 Cara Cek Plat Nomor, Melacak Kendaraan Online

Jadwal Samsat Keliling Batam Oktober 2021

Berikut ini lokasi SAMSAT Keliling Batam yang dapat anda kunjungi selama bulan Desember 2021. Pastikan lokasinya dekat dengan domisili anda.

Samsat Batam

Pelayanan samsat batam bisa dicek di di Tlk. Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau.  Telepon: (0779) 460014 dengan jam pelayanan sebagai berikut:

Jam Operasional :

  • Hari Senin – Jum’at, dibuka pada pukul 08.00–15.00 WIB.
  • Hari Sabtu, dibuka pada pukul 08.00 – 12.00 WIB
  • Hari minggu

Samsat Batu Aji

Layanan perpanjangan surat tanda nomor kendaraan berikutnya berada di Jalan Letjend Suprapto No.6, Kibing, Kecamatan Batu Aji, Kota Batam, Kepulauan Riau. Nomor telepon yang bisa dihubungi (0778) 392424

Jam Operasional :

  • Hari Senin – Jum’at, 08.00–15.00 WIB
  • Hari Sabtu, 08.00 – 12.00 WIB
  • Hari Minggu, Tutup.

Kantor SAMSAT Batam Center

Bagi anda yang dekat dengan kantor Batam center di Tlk. Tering, Kecamatan Batam Kota, anda bisa menjadwal di :

  • Hari Senin – Sabtu, dibuka pada pukul 08.00–02.00 WIB
  • Hari Minggu Tutup

Alternatif Lokasi Samsat Corner Batam

Lokasi SAMSAT Batam dan SAMSAT Keliling Batam
Lokasi SAMSAT Batam dan SAMSAT Keliling Batam

Berikut ini daftar lokasi pelayanan SAMSAT Corner yang berada di sejumlah mall yang berada di Kota Batam. Ada sedikitnya 5 mall yang terdapat layanan publik untuk mengurus perpanjangan STNK, berikut daftarnya :

Samsat Corner Harbourbay

Pelayanan Samsat Corner Harbourbay berada di Harbour Bay Mall, Jl. Duyung, Sungai Jodoh, Kec. Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau

  • Hari Senin – Minggu, 11.00–14.00 WIB

Samsat Corner BCS Mall

Pelayanan perpanjangan STNK selanjutnya bertempat di SAMSAT Corner di BCS Mall Lt. Dasar, Jalan Bunga Raya, Batu Selicin, Lubuk Baja, Batu Selicin, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau 29422.

  • Hari Senin – Minggu, 11.00–14.00 WIB

Samsat Corner Kepri Mall

Bagi masyarakat yang berlokasi di Lubuk bajak juga dapat merapat ke samsat corner Kepri yakni di Kepri Mall, Sukajadi, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau 29444.

  • Hari Senin dan Selasa, 10.00–17.00 WIB

Samsat Corner Tiban

  • Untuk anda yang berdomisili dekat dengan Sekupang silahkan datang ke lokasi Tiban Lama, Kecamatan Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau
  • Layanan dilakukan setiap hari Senin s/d Minggu dari jam 11.00–17.00 WIB

SIM Corner Mega Mall

Pelayanan SIM Corner berikutnya berada di Mega Mall yang berlokasi di NG T 3/5 Mega Mall Batam Center, Jl. Engku Putri Utara No.1, Tlk. Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau

  • Hari Senin – Minggu, 10.00–15.00 WIB

Samsat Drive Thru Batam Centre

Anda juga bisa melakukan perpanjangan STNK Online di Samsat drive Thru Batam Center tepatnya silahkan mengunjungi ke NG T 3/5 Mega Mall Batam Center, Jl. Engku Putri Utara No.1, Tlk. Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau 29432.

Baca juga :  SAMSAT Keliling Banyuwangi Hari Ini Desember 2021

Layanan di buka setiap hari Senin – Jum’at 09.00–14.00 WIB dan tutup di hari Minggu.

Jika anda Warga Batam yang hendak Pembuatan SIM atau melakukan Pajak 5 Tahunan Kendaraan, hendaknya di lakukan di Samsat Pusat. Samsat Corner sebagai alternatif hanya menerima perpanjangan STNK atau Pajak Kendaraan Tahunan.

Syarat Pembuatan SIM di Samsat Kota Batam

Berikut ini merupakan persyaratan dokumen atau berkas yang harus Anda lengkapi dan mekanismenya ketika anda ingin melakukan kegiatan administratif di Samsat Batam, sebagai berikut :

  1. Kartu Identitas berupa e-KTP asli
  2. Fotocopy e-KTP sebanyak 3 lembar
  3. Surat Keterangan Sehat.
  4. Lulus tes psikologi

Prosedur Umum Pembuatan SIM Baru

  1. Mengisi Formulir Permohonan Pembuatan SIM Baru.
  2. Melakukan Pembayaran PNPB SIM di loket BRI yang telah disediakan.
  3. Mengambil Nomor Antrian (Antrian FIFO).
  4. Mengambil Foto dan Sidik Jari.
  5. Mengikuti Ujian Teori dan Ujian Praktik.

Tata Cara Pengurus Perpanjang SIM Batam

Syarat Perpanjangan STNK r2 dan r4

Kemudian bagi anda yang ingin melakukan perpanjangan SIM melalui Samsat Pusat yang ada di  Batam Center berikut ini cara mengurus perpanjangan SIM :

  • Membawa KTP dan SIM asli anda beserta fotocopinya. 
  • Petugas akan memberikan formulir, kemudian anda bisa langsung isi form tersebut.
  • Setelah itu, anda bisa langsung ke lantai 2 menuju Bank BRI untuk melakukan pembayaran.
  • Menuju Mobil SIM Keliling dan berikan bukti pembayaran dari BRI ke petugas. 
  • Sesi pengambilan foto.
  • Lakukan tes kesehatan yang ada di Stand SIM Corner dalam Mall Pelayanan Publik.
  • Berikan hasil kesehatan kepada petugas Mobil SIM Keliling 
  • Anda bisa mengambil SIM dan kemudian bayar hasil tes kesehatan.

Biaya Perpanjang SIM

Layanan ini diselenggarakan oleh pemerintah Batam setempat. Adapun ketersediaan pelayanan yang dilaksanakan samsat keliling ini adalah hanya untuk perpanjangan STNK tahunan saja. Untuk pajak kendaraan 5 tahunan termasuk cek fisik dan ganti plat nomor (TNKB), bisa dilakukan di SAMSAT Batam.

Berikut biaya untuk melakukan perpanjangan SIM, Mengurus SIM Hilang/ rusak dan mutasi SIM.

  1. SIM A – Umum Rp. 80.000,-
  2. SIM BI – Umum Rp. 80.000,-
  3. SIM BII – Umum Rp. 80.000,-
  4. SIM C Rp. 75.000,-
  5. SIM D Rp. 30.000,-
  6. Tes Kesehatan Rp. 55.000,-

Anda bisa mendapatkan informasi yang anda perlukan di Samsat Batam Center dengan cara menghubungi call center di  nomor telepon atau fax (0778) 460840 atau anda juga bisa langsung datang di alamat Gedung Graha Kepri Jl. Engku Putri No. 8 Lantai 3, Batam Center.

Demikian yang dapat kami sampaikan untuk informasi SAMSAT Keliling Batam Desember 2021. Semoga bermanfaat.

Terusan dari : jadwal samsat keliling batam hari ini, jadwal samsat keliling di batam, jadwal sim keliling batam 2021, lokasi mobil samsat batam sàat ini, lokasi samsat keleiling di batam tgl 17 Desember 2021, perpanjang sim online polres batu

Update secara berkala di lakukan pada 3 Desember 2021. Pastikan untuk selalu cek jadwal terbaru, karena lokasi dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

error: Alert: Content is protected !!