HOME

Home » Depok » Jawa Barat » Cara Bayar Pajak Motor Online Depok

Cara Bayar Pajak Motor Online Depok

Tanggal 20 July 2019 | Kategori Depok, Jawa Barat

Selamat datang di situs informasi jadwal SIM Keliling yang memberikan informasi jadwal dan lokasi pelaksanaan SIMLING terkait perpanjangan Surat Izin Mengemudi yang mungkin Anda butuhkan, Cara Bayar Pajak Motor Online Depok. Jadwal terbaru terkait wilayah Depok, Jawa Barat dapat dicek melalui link kategori yang tersedia.

Depok Jawa Barat – Kini proses pembayaran pajak kendaraan bermotor semakin mudah dengan adanya layanan bayar pajak motor online. Layanan ini tidak lain juga merupakan pelayanan samsat online yang diselenggarakan oleh kantor SAMSAT setempat guna mempermudah masyarakat melakukan pembayaran pajak mobil ataupun motor secara online.

Cara Bayar Pajak Motor Online Depok

Kita sebut E-samsat atau elektronik samsat yang berbasis web serta online. dengan layanan ini anda dapat dengan mudah menjangkaunya dimana saja dan kapan saja.

Keuntungan menggunakan E-SAMSAT

E-Samsat memberikan banyak keuntungan serta kemudahan, pembayaran yang dilakukan langsung oleh Wajib Pajak via ATM, diharapkan dapat menghindarkan percaloan, menghilangkan korupsi penerimaan pajak, ketepatan perhitungan pajak yang akan dibayarkan, serta tentunya memberikan kenyamanan bagi para Wajib Pajak.

Pembayaran dapat dilakukan di lebih dari 70ribu jaringan ATN bank di seluruh Indonesia yang tentu telah bekerja sama dengan pihak E-SAMSAT.

Syarat dan Ketentuan

  1. Kendaraan tidak dalam status blokir Ranmor/ blokir data kepemilikan.
  2. Wajib Pajak memiliki telpon dan nomor seluler yang aktif.
  3. Wajib Pajak Memiliki Nomor Rekening Tabungan dan Kartu ATM di Bank BJB atau Bank BNI atau Bank BCA atau Bank BRI atau CIMB Niaga atau Bank Permata atau Bank Mandiri.
  4. Berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan daftar ulang 1 (satu) tahunan.
  5. Tidak berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan yang bersamaan dengan ganti STNK 5 tahunan.
  6. Masa berlaku pajak yang bisa dibayar kurang dari 6 bulan dari masa jatuh tempo.
  7. Wajib pajak adalah perseorangan (bukan badan usaha/yayasan /badan sosial).

Mekanisme proses penggunaan E-SAMSAT

Untuk cara dan mekanisme pembayarannya sebelum pengguna melakukan pembayaran untuk pajak kendaraan melalui e-samsat. pengguna terlebih dahulu akan mendapatkan kode bayar dimana kode tersebut dapat digunakan untuk membayar kemudia. Kode Bayar didapatkan melalui aplikasi atau SMS gateway.

Aplikasi yang digunakan

Untuk melakukan pembayaran pajak motor atau mobil anda secara online silahkan download dan install aplikasi Sambara.

Cara Bayar Pajak Motor Online Depok 2

Proses Pengesahan STNK DAERAH HUKUM POLDA JABAR

  • Bawa Struk Pembayaran beserta E-KTP Asli dan STNK Asli ke seluruh Sentra Layanan Samsat Provinsi Jawa Barat Daerah Hukum Polda Jabar (Kantor Bersama Samsat, Samsat Keliling, Samsat Outlet dan Samsat Gendong) atau ke Seluruh Kantor Layanan Bank BJB atau ke Polsek terdekat (Wilayah Jabar), untuk dilakukan pengesahan STNK dan mendapatkan SKKP, selambat-lambatnya dalam waktu 30 (tiga puluh) hari.
  • Apabila tidak dilakukan pengesahan STNK, kendaraan dinyatakan tidak sah secara operasional.

Proses Pengesahan STNK  DAERAH HUKUM POLDA METRO JAYA (Bekasi, Depok, Cinere & Cikarang)

  • Bawa Bukti Pembayaran beserta E-KTP Asli, STNK Asli dan Fotocopy BPKB ke seluruh Sentra Layanan Samsat Provinsi Jawa Barat Daerah Hukum Polda Metro Jaya (Kantor Bersama Samsat, Samsat Keliling, Samsat Outlet dan Samsat Gendong), untuk dilakukan pengesahan STNK dan mendapatkan SKKP, selambat-lambatnya dalam waktu 30 (tiga puluh) hari,
  • Apabila tidak dilakukan pengesahan STNK, kendaraan dinyatakan tidak sah secara operasional.
  • * Khusus Kendaraan di Kabupaten Bekasi, Pengesahan STNK dilaksanakan di loket E-Samsat Kantor Bersama Samsat.
Ingat, jadwal dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Untuk jadwal terkini, silahkan lakukan cek secara berkala pada halaman utama website ini. Sampai 5 hari kedepan yakni 19 Agustus 2019 artikel akan konsisten diupdate.