HOME
Home » Informasi » Cara Pasang Alarm Motor Tanpa Ke Bengkel

Cara Pasang Alarm Motor Tanpa Ke Bengkel

Tanggal 19 September 2021

Cek informasi terbaru SAMSAT Keliling Online terkait Cara Pasang Alarm Motor Tanpa Ke Bengkel. Lokasi dan jadwal pelaksanaan untuk perpanjangan STNK Online melalui layanan SAMSAT Corner, Samsat Keliling dan Samsat Desa dalam topik atau wilayah Informasi. Perhatian! info berikut ini mengambil data dari jadwal sebelum-sebelumnya jika belum tersedia.

Cara Pasang Alarm Motor Tanpa Ke Bengkel – Kendaraan bermotor adalah kendaraan yang saat ini banyak digunakan oleh orang Indonesia untuk melaksanakan kegiatannya. Hal ini menyebabkan kebutuhan kendaraan bermotor sangat tinggi. Terkadang jika tidak berhati-hati, banyak pencurian motor yang beraksi. Hal ini sangat merugikan pengguna motor seperti Anda.

Untuk anda yang memiliki motor dan khawatir dengan terjadinya pencurian, berikut ini kabar gembira untuk biker yang ingin memasang alarm motor sendiri : cara pasang alarm untuk motor mulai dari merk Honda, Yamaha, Suzuki.

Sebagai Contoh kita akan memasang alarm motor BeAT FI, Vario 125 dan 150 cc, atau Yamaha NMax 150/155 dan juga Suzuki Nex. Simak selengkapnya di bawah ini.

Penting untuk diperhatikan!
Referensi dalam postingan wilayah Informasi ini dapat berbeda dengan jadwal lokasi di lapangan, sehingga keakuratan informasi tentu saja tidak bisa kami jamin (khususnya selama PPKM dan pandemi covid-19). Untuk menghindari missleading info lokasi dan jadwal pelaksanaan, pemohon harus secara langsung ke polresta setempat untuk mengkonfirmasinya secara pribadi. Selengkapnya, pembaca wajib untuk memahami dan setuju dengan Syarat dan Ketentuan website sebelum melanjutkan.

Cara Pasang Alarm Motor Tanpa Ke Bengkel

Oleh karena itu, untuk menghindari dari pencurian motor, maka diperlukan cara untuk menanggulanginya. Salah satunya adalah dengan menggunakan alarm motor. Bagi Anda yang ingin memasang alarm motor, berikut ini dijelaskan secara ringkas cara pasang alarm motor tanpa harus ke Bengkel. Berikut ini adalah penjelasannya untuk Anda.

Cara Pasang Alarm Motor CR7 Bohante Dengan Mudah

Jika Anda ingin memasang alarm, maka rekomendasi alarm yang bisa Anda gunakan adalah dengan memasang alarm jenis CR7 Bohante. Alarm ini paling banyak dan sering digunakan untuk mengamankan motor. Selain itu banyak juga tutorial cara memasang alarm untuk jenis yang satu ini. Jika Anda penasaran, maka berikut ini adalah cara yang tepat untuk memasang alarm CR7 Bohante

  1. Persiapkan Peralatan Cara Memasang Alarm Motor Mudah
    Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menyiapkan peralatan untuk memasang alarm. Peralatan yang Anda butuhkan adalah obeng plus dan minus, skun, gunting, korek api, dan alarm CR7 Bohante. Hanya bermodalkan alat-alat tersebut, nantinya Anda akan bisa memasang alarm dengan mudah.
  2. Kupas Kabel Pada Soket Penghubung (Pengkabelan Pemasangan Alarm Motor)
    Pengkabelan Pemasangan Alarm Motor
    Jika sudah dipersiapkan alat-alatnya, sekarang Anda buka alarm motor yang sudah Anda persiapkan. Nantinya pada alarm akan ada banyak kabel penghubung. Nah, tugas Anda sekarang mengambil kabel penghubung tersebut dan mengupas kabel tersebut agar tembaganya terlihat. Tujuan dari cara ini adalah untuk menghubungkan kabel dengan sistem listrik yang berada di motor.
  3. Memasang Modul Alarm
    Pemasangan Modul Alarm Kendaraan
    Jika Anda sudah mengupas kabel penghubungnya saatnya memasang modul alarm. Pasang modul alarm di bagian body depan sehingga Anda harus membongkar bagian depan motor Anda. Pada modul alarm akan ada double tip sehingga Anda bisa memasang dengan menyesuaikan motor yang Anda gunakan. Lalu langkah selanjutnya jika Anda sudah memasang modul alarm, maka Anda hubungkan soket modul dengan soket penghubung yang kabelnya sudah di kupas di cara sebelumnya.
  4. Menghubungkan kabel
    JikaAnda sudah memasang soket penghubung ke soket modul, maka langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menyambungkan kabel penghubung dengan sistem kelistrikan yang ada pada motor Anda. Berikut ini cara pasang alarm motor yang harus Anda lakukan dengan menghubungkan kabel,
    • Sambungkan kabel berwarna merah untuk menyambungkan ke input kontak pada kendaraan motor Anda.
    • Sambungkan kabel berwarna oren untuk menyambungkan ke output kontak pada motor
    • Sambungkan kabel warna hitam untuk disambungkan dengan masa atau rangka motor Anda
    • Lalu sambungkan kabel biru dengan kabel berwarna kuning strip hijau yang ada pada motor Anda
    • Dua kabel kuning masing-masing disambungkan dengan kabel sambungan lampu sein kanan dan sein kiri
    • Sambungkan kabel berwarna merah mudah/pink ke kabel pulsar motor yang berada di bagian belakang.
    Jika Anda sudah menyambungkan sesuai dengan petunjuk, maka Anda bisa merapikan kabel yang Anda sambungkan agar terlihat lebih rapi dan nantinya mudah untuk dibereskan saat pemasangan kembali body depan.
  5. Pasang Body Kembali
    Kemudian yang Anda lakukan adalah dengan memasang body yang tadi Anda bongkar. Sebelum memasang body, pastikan Anda benar-benar mengecek sambungan kabel yang Anda lakukan. Hal ini mencegah agar Anda tidak membongkar ulang jika ada kesalahan pada sambungannya. Pastikan juga kabel dalam keadaan rapi sehingga memudahkan Anda memasang body.
  6. Alarm Siap Digunakan
    Jika body sudah terpasang, maka alarm motor yang Anda pasang perlu dicoba. Oleh karena itu coba dengan cara mengunci setang motor Anda kemudian menyalakan alarm dengan menggunakan remote yang telah tersedia. Jika sudah, Anda coba beri sedikit guncangan atau sentuhan yang agak keras pada motor Anda. Jika berbunyi maka cara memasang alarm motor yang Anda lakukan sudah benar dan berhasil.
  7. Bagaimana Jika Tidak Berbunyi
    Jika dicoba ternyata alarm motor yang terpasang tidak berbunyi, berarti ada beberapa kendala. Kendala yang bisa terjadi adalah sebagai berikut,
    • Pemasangan soket tidak kencang
    • Penyambungan kabel tidak sesuai
    • Penyambungan kabel kurang rapi sehingga masih ada yang tidak tersambung
    • Ada kerusakan pada kelistrikan motor AndaJika hal ini terjadi, maka kendala tersebut yang bisa menjadi penyebab alarm Anda tidak berbunyi. Sehingga Anda harus mengecek ulang pemasangan yang Anda lakukan. Jika Anda sudah mengecek semua kendala yang ada namun sudah baik-baik saja, maka tanyakan pada ahli sehingga alarm Anda benar-benar terpasang dengan baik.

Jenis Alarm Motor Lainnya yang Bisa Dicoba

Jenis dan Model Alarm untuk Motor

Jika sebelumnya dijelaskan cara pasang alarm motor pakai remote dengan jenis CR7 Bohante, maka akan dijelaskan jenis alarm motor lainnya yang bisa Anda coba jika memiliki budget yang lebih untuk membeli alarm.

Untuk cara pemasangan hampir sama dengan penjelasan sebelumnya, mungkin yang sedikit berbeda adalah cara penyambungan karena menyesuaikan fungsinya. Berikut ini adalah jenis alarm lainnya yang bisa Anda gunakan.

  1. Spy 5000m
    Alarm yang satu ini cukup canggih dan memiliki harga yang lumayan. Disebut canggih karena tidak hanya memiliki fitur untuk mengatasi pencurian, namun saat terjadi pembegalan pun alarm ini dapat berfungsi. Kemudian pada remote yang digunakan pun akan ada layar LCD yang membuat Anda bisa memantau kondisi motor Anda saat ini. Harga yang diberikan sekitar Rp 1.700.000 saja.
  2. NTO 3500m
    Alarm yang satu ini spesifikasinya hampir sama dengan alarm motor yang sebelumnya. Perbedaannya untuk alarm yang satu ini tidak dilengkapi dengan fitur anti pembegalan. Anda bisa menggunakan alarm ini dengan merogoh kocek Anda sekitar Rp 350.000 saja. Pada alarm ini juga menggunakan LCD pada remote alarm untuk mengecek kondisi motor Anda saat ini.
  3. DSS Smart Key
    Alarm yang satu ini juga bisa menjadi rekomendasi untuk Anda yang ingin menggunakan alarm tanpa remote sama sekali. Jadi kelebihan alarm yang satu ini adalah tidak menggunakan remote atau pengaktifan secara rahasia. Anda bisa mendapatkan alarm yang satu ini dengan harga sekitar Rp 900.000 saja. Lalu uniknya alarm yang satu ini adalah Anda bisa menggunakan pada motor yang belum menggunakan sistem keyless.

Cara Pasang Alarm Motor Pada Honda Beat Fi

Persiapkan beberapa peralatan berikut ini, sebelum kita memulai pemasangan Alarm pada Motor Honda BeAt Injeksi (FI). Alat-alat tersebut meliputi :

  • Seperangkat alarm motor motor CR7 Bohante
  • Jangan lupa untuk setiap paket pembelian harus ada remotenya.
  • Obeng Plus & Minus.
  • Skun
  • Korek api.
  • Gunting.
Alarm Motor CR7 Bohante

Gambar di atas adalah contoh alarm motor dengan merek CR7 Bohante. Sudah siap, yuk langsung saja berikut cara mempersiapkan dan proses pemasangan alarm motor :

  1. Buka paket Alarm CR7 Bohante dan keluarkan dari kardus, pastikan barang Bohante yang anda beli lengkap yaa.
  2. Cek dan ambil kabel seperti yang di bawah ini, berwarna merah, kuning, biru dan orange.
    Ambil kabel
  3. Luruskan dan tata rapi, lalu kupas setiap kabel yang tersedia, bisa dengan gunting atau dikorek api.
    Kupas ujung kabel
  4. Sebagai contoh hasil akhirnya adalah sebagai berikut :
    Hasilnya seperti ini
  5. Selanjutnya kita akan ke motor Honda BeAt FI kamu, silahkan bongkar bagian depan motor kamu.
  6. Buka double tip modul Alarm dan pasangkan pada bagian seperti ini.
    Pasang modul
  7. Sambungkan soket modul dari Alarm CR7 Bohante dengan soket yang berada pada motor. Seperti contoh pada kabel yang telah kamu kupas tadi
    Pasangkan soket modul
  8. Selanjutnya kaitkan kabel warna merah pada input kontak motor
    pasang kabel warna merah ke input kontak
  9. Selanjutnya pasang ke output kontak motor dengan kabel warna orange
    pasang kabel warna orange ke output kontak
  10. Yang kabel warna hitam adalah kabel negatif atau ground, kamu bisa pasangkan ke rangka motor sebagai ground
    pasang kabel warna hitam ke masa atau rangka
  11. Lihat gambar di bawah ini agar tidak bingung. Kaitkan kabel warna biru pada kabel warna hijau strip kuning
    pasang kabel warna biru ke kabel warna kuning strip hijau di motor
  12. Kabel kuning berjumlah 2 helai, pasang pada positif sen kanan dan positif sen kiri.
    2 kabel kuning masukkan ke sen positif kanan dan kiri
  13. Kabel terakhir adalah kabel dengan warna pink, sambungkan dengan kabel tambahan agar bisa dihubungkan dengan kabel pulsar motor dibagian belakang.
    Hubungkan kabel Pink ke kabel Pulser dibagian belakang
  14. Kamu sudah hampir selesai, rapikan kabel-kabel alarm motor CR7 Bohante dan pasang kembali bodi depan motor Honda Beat Fi.
  15. Saat ini pemasangan alarm motor sudah kamu kerjakan dengan baik, selanjutnya silahkan cek dan tes dengan mengunci stang dan aktifkan alarm tadi melalui remote
  16. Giyangkan atau sentuh motor Honda BeAT kamu, jika berbunyi maka kamu berhasil memasang alarm motor Honda BeAT FI sendiri tanpa ke bengkel.

Demikian beberapa hal yang bisa Anda ketahui tentang cara pasang alarm motor dan macam-macam alarm motor yang bisa Anda gunakan. Harapannya jika Anda mengetahui cara memasangnya membuat Anda mengetahui secara dasar tentang sistem alarm yang Anda gunakan. Selain itu, mengetahui cara memasang membantu Anda untuk mengerjakan sendiri tanpa perlu ke bengkel. Semoga informasi ini bisa membantu Anda memasang alarm motor.

Update secara berkala pada website samsatkeliling.info akan di lakukan kembali pada Senin, 20 September 2021. Pastikan anda untuk selalu mengecek jadwal samsat keliling terbaru, karena jadwal dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Jika belum ketemu, silahkan menggunakan fitur pencarian. Apabila terdapat ketidakvalidan informasi, silahkan anda dapat menghubungi kami melalui halaman kontak yang tersedia.