Cara Membuat Rumus Sidik Jari untuk SKCK dan Syaratnya

Cara Membuat Rumus Sidik Jari untuk SKCK dan Syarat yang Dibutuhkan – Untuk membuat SKCK secara online, salah satu persyaratannya adalah melampirkan rumus sidik jari kanan dan kiri. Hal ini menjadi kendala bagi banyak orang dalam proses pendaftaran SKCK. Rumus sidik jari berfungsi sebagai alat identifikasi seseorang, dan dapat menentukan apakah orang tersebut pernah terlibat dalam tindak kejahatan atau tidak.

Cara Membuat Rumus Sidik Jari 2024
Cara Membuat Rumus Sidik Jari 2024

Untuk mengurus pembuatan rumus sidik jari, Anda harus mempersiapkan beberapa syarat terlebih dahulu, seperti fotokopi KTP, foto tampak depan dan samping wajah dengan background merah, dan formulir ciri fisik.

Prosedur Pengurusan Rumus Sidik Jari untuk SKCK Online

Setelah semua syarat lengkap, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengurus pembuatan rumus sidik jari:

  1. Kunjungi Polres pada hari kerja, yang biasanya dari hari Senin hingga Jumat pukul 08.00-15.00, dan Sabtu dari pukul 08.00-11.00.
  2. Ambil formulir pendaftaran sidik jari dari loket pelayanan.
  3. Isi formulir pendaftaran dan lampirkan semua syarat yang telah disiapkan, seperti fotokopi KTP, foto tampak depan, samping kiri, dan samping kanan wajah dengan background merah, serta formulir ciri fisik.
  4. Lakukan pengambilan sidik jari dengan bantuan petugas. Petugas akan menggunakan tinta untuk mengambil sidik jari dari semua jari Anda.
  5. Petugas akan membuat rumus sidik jari sesuai dengan rumus daktiloskopi setelah semua sidik jari Anda telah diambil.
  6. Setelah selesai pembuatan rumus sidik jari, silahkan bayar biaya yang diperlukan dan Anda bisa mengambil kartu sidik jari Anda.

Meskipun prosedurnya terbilang mudah dan cepat, waktu tunggu dapat tergantung pada jumlah pendaftar yang ada. (red: Cara Membuat Rumus Sidik Jari)

Biaya Pembuatan Rumus Sidik Jari

Biaya pembuatan rumus sidik jari bervariasi tergantung pada kebijakan masing-masing Polsek dan Polres di wilayah Anda. Biayanya berkisar antara Rp. 5.000 hingga Rp. 20.000.

Baca juga :  Mengenal Sistem Penomoran Plat Kendaraan

Masa Berlaku Rumus Sidik Jari

Dokumen rumus sidik jari yang dikeluarkan oleh Polres atau Polsek berlaku selamanya. Namun, untuk SKCK sendiri, masa berlakunya terbatas hanya sampai dengan 3 atau 6 bulan saja, lebih dari itu anda harus melakukan perpanjangan SKCK.

Anda dapat menggunakan dokumen rekam sidik jari ini selamanya selama dokumen tersebut masih tersedia. Namun, jika dokumen tersebut hilang, Anda dapat membuat dokumen baru di Polres tempat Anda membuatnya.

Cara Membaca Rumus Sidik Kanan dan Kiri

Rumus sidik jari, juga dikenal sebagai rumus sidik kiri dan kanan, adalah rumus matematika yang digunakan untuk menghitung nilai-nilai dalam operasi matematika tertentu. Rumus ini didasarkan pada sifat-sifat matematika yang mendasar, seperti sifat-sifat bilangan dan operasi matematika.

Rumus sidik jari kanan dan kiri
Rumus sidik jari kanan dan kiri

Rumus sidik jari terdiri dari dua bagian: rumus sidik kanan dan rumus sidik kiri. Rumus sidik kanan digunakan untuk menghitung nilai dari suatu operasi matematika ketika kita mengetahui nilai dari beberapa variabel atau konstanta yang lain. Sedangkan rumus sidik kiri digunakan untuk menentukan nilai dari suatu variabel ketika nilai dari variabel lain diketahui.

Untuk membaca rumus sidik kanan, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Identifikasi variabel yang diketahui nilainya atau yang telah diberikan dalam masalah.
  2. Perhatikan rumus dan cari variabel yang tidak diketahui nilainya.
  3. Ganti nilai variabel yang diketahui ke dalam rumus.
  4. Selanjutnya, hitung operasi matematika pada sisi kanan rumus.
  5. Setelah semua operasi matematika telah dilakukan, nilai variabel yang tidak diketahui dapat dihitung.

Untuk membaca rumus sidik kiri, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Identifikasi variabel yang ingin Anda hitung nilainya.
  2. Perhatikan rumus dan cari variabel-variabel lain yang terlibat dalam rumus.
  3. Selesaikan rumus dengan mengetahui nilai variabel-variabel lain.
  4. Setelah rumus selesai dihitung, nilai variabel yang diinginkan dapat ditentukan.

Dalam kedua kasus, penting untuk memahami sifat-sifat dasar operasi matematika dan menggunakan teknik-teknik yang sesuai untuk menyelesaikan rumus. Dengan memahami rumus sidik jari, kita dapat menghitung nilai-nilai dalam operasi matematika dengan lebih cepat dan efisien.

Baca juga :  Cara Cek Pajak Kendaraan via Handphone
Formulir sidik jari kanan kiri SKCK
Formulir sidik jari kanan kiri SKCK

Persyaratan Mengurus Rumus Sidik Jari

Untuk mengurus rumus sidik jari, Anda harus memenuhi persyaratan berikut:

  1. Fotokopi KTP satu lembar.
  2. Foto tampak depan berukuran 4×6 dengan latar belakang merah sebanyak dua lembar.
  3. Foto tampak kiri berukuran 4×6 dengan latar belakang merah sebanyak satu lembar.
  4. Foto tampak kanan berukuran 4×6 dengan latar belakang merah sebanyak satu lembar.
  5. Mengisi formulir ciri fisik yang mencakup nama, rambut, bentuk wajah, dan ciri fisik lainnya.

Cara Cara Membuat Rumus Sidik Jari

Adapun beberapa langkah yang perlu diikuti untuk mengurus Rumus Sidik Jari ini, antara lain:

  1. Persiapkan Syarat-Syaratnya Terlebih Dahulu Sebelum melakukan pengurusan Rumus Sidik Jari, pastikan Anda telah menyiapkan semua persyaratan yang diperlukan  serta mengisi formulir ciri fisik.
  2. Datang ke Polres pada Hari Kerja Untuk mengurus Rumus Sidik Jari, Anda harus datang ke Polres pada hari kerja, yaitu Senin hingga Jumat pukul 08.00 hingga 15.00, dan Sabtu mulai jam 08.00 sampai 11.00.
  3. Ambil Formulir Pendaftaran di Loket Pelayanan Sidik Jari Setelah tiba di Polres, ambil formulir pendaftaran di loket pelayanan sidik jari. Formulir terdiri dari beberapa lembar, silahkan isi sesuai dengan data Anda.
  4. Isi Formulir Pendaftaran Isilah formulir pendaftaran dengan data diri yang lengkap, dan jangan lupa lampirkan semua syarat di formulir pendaftaran sidik jari seperti fotokopi KTP, foto tampak depan dan samping dengan background merah, serta mengisi formulir ciri fisik.
  5. Pengambilan Sidik Jari Pengambilan sidik jari akan dibantu oleh petugas, prosesnya adalah petugas akan menggunakan tinta untuk mengambil semua sidik jari Anda.
  6. Pembuatan Rumus Sidik Jari Setelah semua sidik jari diambil, petugas akan membuat rumus sidik jari Anda sesuai dengan rumus daktiloskopi.
  7. Pengambilan Rumus Sidik Jari Setelah selesai pembuatan rumus sidik jari, silahkan bayar biayanya dan Anda bisa mengambil kartu sidik jari Anda.

Meskipun langkah-langkahnya cukup mudah dan cepat, waktu yang dibutuhkan untuk mengurus Rumus Sidik Jari dapat menjadi lebih lama jika terdapat antrian pendaftar yang banyak. Biaya pembuatan rumus sidik jari juga bervariasi, tergantung kebijakan Polsek dan Polres setempat dengan kisaran antara Rp. 5.000 sampai Rp. 20.000.

Baca juga :  Dealer Toyota Semarang: Pusat Kendaraan Impian Anda

Dokumen rumus sidik jari yang dikeluarkan oleh Polres atau Polsek berlaku selamanya, namun untuk SKCK sendiri masa berlakunya terbatas. Jika dokumen tersebut hilang, Anda bisa membuat ulang dokumen tersebut di Polres tempat Anda membuatnya.

Saat mengisi formulir SKCK, Anda akan diminta untuk memasukkan rumus sidik jari kanan dan kiri milik Anda. Rumus sidik jari kanan terletak di bagian atas, sedangkan rumus sidik jari kiri terletak di bagian bawah formulir. Namun, terdapat ketidakpastian mengenai cara membaca rumus sidik jari yang sebaiknya dikonfirmasi langsung ke pihak Polres.

FAQ

Berikut ini adalah 5 pertanyaan FAQ yang berbeda yang belum dibahas sebelumnya:

  • Apakah saya bisa mengurus rumus sidik jari untuk keperluan visa atau paspor?
    Jawaban: Ya, rumus sidik jari juga dibutuhkan untuk mengurus visa atau paspor. Namun, persyaratan dan prosedur pengurusan bisa berbeda-beda tergantung pada negara dan instansi yang meminta.
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengurus rumus sidik jari?
    Jawaban: Waktu pengurusan rumus sidik jari bervariasi tergantung pada tempat dan instansi yang diminta. Namun, sebagian besar pengurusan bisa selesai dalam waktu 1-3 hari kerja.
  • Apa yang harus saya lakukan jika terjadi kesalahan pada rumus sidik jari saya?
    Jawaban: Jika terjadi kesalahan pada rumus sidik jari, segera hubungi instansi yang mengeluarkan rumus sidik jari dan berikan informasi yang diperlukan untuk memperbaiki kesalahan tersebut.
  • Apakah saya bisa mengurus rumus sidik jari secara online?
    Jawaban: Ya, sebagian instansi sudah menyediakan pengurusan rumus sidik jari secara online. Namun, untuk pengurusan online biasanya memerlukan syarat dan persyaratan khusus serta biaya yang bisa berbeda dengan pengurusan secara langsung.
  • Berapa lama masa berlaku rumus sidik jari?
    Jawaban: Masa berlaku rumus sidik jari bervariasi tergantung pada keperluan dan instansi yang meminta. Namun, secara umum, masa berlaku rumus sidik jari adalah 6 bulan hingga 1 tahun. Setelah itu, Anda perlu mengurus ulang jika masih dibutuhkan.

Demikian yang bisa kami sampaikan untuk Cara Membuat Rumus Sidik Jari pada artikel kali ini seperti di lansir dari website kalteng polri, semoga bermanfaat ya!

Update secara berkala di lakukan pada . Pastikan untuk selalu cek jadwal terbaru, karena lokasi dan posisinya dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Rujukan dalam artikel Cara Membuat Rumus Sidik Jari untuk SKCK dan Syaratnya ini merupakan perpaduan informasi yang dilansir dari sejumlah website.

error: Alert: Content is protected !!