HOME
Home » Informasi » Cara Menanam Aglaonema dari Batang

Cara Menanam Aglaonema dari Batang

Tanggal 17 June 2021

Cek informasi terbaru SAMSAT Keliling Online terkait Cara Menanam Aglaonema dari Batang. Lokasi dan jadwal pelaksanaan untuk perpanjangan STNK Online melalui layanan SAMSAT Corner, Samsat Keliling dan Samsat Desa dalam topik atau wilayah Informasi. Perhatian! info berikut ini mengambil data dari jadwal sebelum-sebelumnya jika belum tersedia.

Penting untuk diperhatikan!
Referensi dalam postingan wilayah Informasi ini dapat berbeda dengan jadwal lokasi di lapangan, sehingga keakuratan informasi tentu saja tidak bisa kami jamin (khususnya selama pandemi covid-19). Untuk menghindari missleading info lokasi dan jadwal pelaksanaan, pemohon harus secara langsung ke polresta setempat untuk mengkonfirmasinya secara pribadi. Selengkapnya, pembaca wajib untuk memahami dan setuju dengan Syarat dan Ketentuan website sebelum melanjutkan.

Beberapa hobys tanaman hias lebih senang perbanyak tanaman aglaonema sendiri. Bukan lantaran nilai jual yang mahal, tapi memang langkah perbanyak tanaman aglaonema termasuk gampang. Bila ingin, Sahabat juga dapat perbanyak tanaman hias “Sri Rezeki” ini untuk menambahkan koleksi tanaman hias
di dalam rumah.

Cara Menanam Aglaonema dari Batang

Cara Menanam Aglaonema dari Batang

Aglaonema, tanaman hias yang gampang dibiakkan

Apa lagi, tanaman aglaonema memang terhitung tanaman hias yang gampang tumbuh. Kecuali gampang tumbuh, tanaman aglaonema gampang sekali berkembang biak dan gampang juga dibiakkan.
Cuman bermodalkan pengetahuan simpel saja, beberapa tehnik pergandaan tanaman aglaonema bisa Sahabat kerjakan sendiri seperti pembelahan anakan dan stek tangkai tanaman aglaonema (pergandaan secara vegetatif).

Terkecuali tehnik kultur jaringan tanaman aglaonema yang perlu mempunyai ketrampilan khusus. Kecuali kemampuan, tempat pembiakan harus steril. Karena itu, pergandaan agalonema kerap dilaksanakan di laboratorium kultur jaringan tanaman (tissue culture). Tehnik ini punyai kelebihan, dapat dilaksanakan pergandaan tanaman dengan jumlah yang banyak.

Cukup 2 Skill, aglaonema berkembang banyak

Tapi, tidak perlu berbicara kultur jaringanlah, cukup memilik 2 kemampuan atau pengetahuan, yakni pengetahuan pembelahan anakan dan stek tangkai aglaonema, telah sebagai modal ketrampilan yang cukup baik untuk perbanyak tanaman hias aglaonema.

Dengan keseriusan, secara perlahan tetapi tentu, tanaman aglaonema akan berkembang banyak pada tangan Sahabat. Bukan cuman satu tipe, kemungkinan bermacam tipe aglaonema akan jadi banyak dan jadi koleksi paling indah di dalam rumah atau di nursery Sahabat.

Ada keuntungan besar yang lain bila menjadi “master” dalam pembiakan tanaman aglaonema. Apanya itu? Sahabat dapat jadikan komoditas tanaman hias ini sebagai sebuah kesempatan usaha. Tetapi, itu terpulang ke arah masing-masing, pergandaan aglaonema untuk dipasarkan atau sekedar hanya untuk keperluan sendiri.

Jenis-jenis tanaman aglaonema

Jenis-jenis tanaman aglaonema

Bagaimana langkah pisahkan anakan dan menyetek tangkai aglaonema? Gampang. Tetapi, saat sebelum lakukan pergandaan, yok kita mencari tahu tipe tanaman aglaonema. Walaupun sekedar hanya namanya, paling kurang telah mengenalinya. Atau kemungkinan ketarik nanti untuk perbanyak satu dari beberapa tipe aglaonema.

Berikut bebarapa tipe aglaonema yang elok, menarik, dan cantik dilihat.

  • Aglaonema ‘King of Siam’
  • Aglaonema ‘Pride of Sumatera’
  • Aglaonema ‘Silver King’
  • Aglaonema ‘Emerald Beauty’
  • Agalonema ‘Black Majesty’
  • Aglaonema ‘Donna Carmen’
  • Aglaonema ‘Red Kochin’
  • Aglaonema ‘Red Anjamani’
  • Dan aglaonema lainnya yang cukup banyak jenisnya
Baca juga :  16 Jenis Motor Custom 2021 : Style dan Aliran

Semua aglaonema memang cantik-cantik dan cantik. Keelokannya benar-benar mengagumkan, khususnya dari beragam warna daunnya yang dibarengi dengan pola batik. Kalau sudah ketarik dengan daya tariknya, mata juga tidak bosan melihatnya.

Sepintas tempat tanam saat sebelum pergandaan aglaonema

Bila ingin perbanyak tanaman aglaonema, karena itu satu perihal yang penting diingat supaya hasil pergandaan tanaman hias Chinese ever green (panggilan lain aglaonema) tidak percuma, yakni media tanamnya.

Mengapa tempat tanam penting? Karena benar-benar sayang sekali saat sukses mengembangbiakkan aglaonema, tapi tempat tanam tidak pantas tumbuh. Tempat tanam yang kurang memberikan dukungan akan membuat perkembangan tanaman aglaonema tidak subur, dapat busuk akar/tangkai, layu, kering, serta dapat mati. Cara Menanam Aglaonema dari Batang.

Karena itu, bikinlah tempat tanam aglaonema yang pas untuk perkembangan dan perubahannya. Untuk bikin tempat tanam aglaonema dapat dibaca pada artikel Kenapa Sabut Kelapa Pas untuk Media Tanam Aglaonema?

Agar hasil pergandaan bibit tanaman aglaonema kelak tumbuh dan memberi beberapa warna yang mengagumkan, Janganlah lupa menjaganya seperti menyirami, memupuk, dan yang lain. Selengkapnya langkah menjaga aglaonema bisa dibaca pada artikel Menjaga Aglaonema? Kerjakan 7 Langkah Ini supaya Cantik dan Menarik.

Cara memperbanyak tanaman aglaonema

Cara memperbanyak tanaman aglaonema

Ok, langsung ke pointnya. Seperti telah disentil di atas, jika paling kurang ada 2 langkah yang gampang dilaksanakan untuk perbanyak tanaman aglaonema. Pertama, langkah pergandaan tanaman aglaonema lewat pembelahan anakan. Ke-2 , langkah pergandaan tanaman aglaonema lewat stek tangkai.

O, iya..sekedar mengingati😅, saat mulai pisahkan tunas muda atau lakukan setek tangkai aglaonema, janganlah lupa memakai sarung tangan membuat perlindungan tangan dari dari bakteri atau getah tanaman hias ini.

1. Langkah perbanyak tanaman aglaonema dari anakan

Tanaman aglaonema yang tumbuh subur, makin lama akan tumbuh tunas muda/anakannya. Nach, supaya aglaonema cepat berkembang dan jadi banyak, karena itu dipisah anakannya yang tumbuh dekat sama pangkal/perakaran indukannya.
Bagaimanakah cara pisahkan anakan aglaonema? Persiapkan dahulu alat dan beberapa bahan yang dibutuhkan supaya proses “melahirkan bayi” aglaonema lebih lancar.

Alat-alat  untuk pemisahan aglaonema :

  • Kayu yang runcing
  • Pis-4u

Bahan-bahan :

  • Polybag/pot

Media tanam

  • Baskom/gelas

Langkah-langkah memisahkan anakan anakan aglaonema

Langkah-langkah memisahkan anakan anakan aglaonema

Carilah tanaman aglaonema yang sudah dewasa, subur, sehat, dan anakannya sudah banyak tumbuh

Siram media tumbuh aglaonema sampai lembab saja agar memudahkan proses pemisahan anakan
Gali/korek tanah disekitar batang induk dan anakan aglaonema sampai akar anakannya mulai tampak

Memisahkan anakan aglaonema.

Potong akar yang lengket dengan batang induk pada bagian perakarannya Cungkil anakannya — dengan menggunakan sepotong kayu — secara perlahan-lahan agar tidak merusak akar anakannya (terikut tanah yang lengket di akar lebih bagus. Tapi, yang penting akarnya tidak rusak/putus)

  1. Anakan aglaonema sudah dipisahkan.
  2. Ini anakan aglaonema juga, sudah dipisahkan.
  3. Simpan sementara dalam baskom atau gelas yang berisi air kalau tidak segera ditanamnya
  4. Anakan aglaonema disimpan sementara
  5. Anakan aglaonema disimpan dalam gelas berisi air
Baca juga :  Cek Kode Plat Nomor Belakang di Seluruh Provinsi

Begitu langkah perbanyak tanaman aglaonema dengan pembelahan anakan. Cukup sederhana, ‘kan? Oh, iya, media tumbuh indukan aglaonema selekasnya ditutup kembali dengan tanah. Seharusnya, tambah sedikit pupuk organik supaya indukan aglaonema tumbuh subur dan tidak depresi karena anakannya dipisah.

2. Cara memperbanyak tanaman aglaonema dengan cara stek

Cara memperbanyak tanaman aglaonema dengan cara stek

Lalu, bagaimana dengan pembelahan anakan lewat stek tangkai? Bila ingin “membidani” kelahiran bibit baru aglaonema lewat stek, karena itu saat sebelum realisasinya perlu disiapkan dahulu beberapa alat dan beberapa bahan yang dibutuhkan seperlunya.

Beberapa alat untuk menyetek tanaman aglaonema :

  • Pi_S4u yang steril dan tajam
  • Gembor untuk menyirami

Beberapa bahan :

  • Indukan tanaman aglaonema yang cukup tua dan telah tercipta batangnya
  • Larutan fungisida (anti jamur)
  • Pot (dapat pot kecil dan bisa pot besar)
  • Tempat tanam stek aglaonema (kombinasi tanah, arang sekam/pasir, kompos, dan cocopeat)

Beberapa langkah penerapan stek tanaman aglaonema

  1. Potong tanaman hias dekat sama pangkalnya
  2. Potongi tangkai aglaonema sejauh +/- 5 cm (Tiap potongan ada mata tunas)
  3. Potongan setek tangkai aglaonema
  4. Bersihkan sama air bersih potongan-potongan tangkai aglaonema

Angin-anginkan sesaat (+/- 10 menit) sampai jadi kering air cucian di potongan tangkai itu Untuk cepat tumbuh, oleskan hormon, dapat gunakan bawang merah dan bisa gunakan root up Berikan larutan fungisida pada ke-2 sisa potongan (ujung dan pangkal), ini opsional Tanam tangkai stek itu ke pot yang sudah berisi tempat tanam dengan kedalaman +/- 2 cm. Tangkai stek aglaonema ditempatkan secara mencatatr/horizontal (saksikan gambar di bawah)

  • Stek tangkai aglaonema ditanamkan
  • Tutup tangkai stek itu dengan tanah, cukup tipis saja tanah penutupnya
  • Stek aglaonema yang ditanamkan, ditutup kembali dengan tanah

Menjaga kelembapan tempat tanam dengan menyirami dengan teratur, ya tiap 2-3 hari sekali (bergantung kelembapan medianya)

Bila stek aglaonema sukses, karena itu pertanda akan kelihatan dalam kurun waktu +/- 1 bulan. Apa pertanda? Bibit baru aglaonema hasil stek tangkai akan tumbuh tunas dan akar-akarnya. Seterusnya, siap dipindah ke tempat tanam yang semakin besar.

  • Hasil contoh stek aglaonema yang telah tumbuh tunas dan akar

Tanam aglaonema pada media dan lokasi yang sama

Tanam aglaonema pada media dan lokasi yang sama

Ke-2 hasil pergandaan aglaonema, baik lewat pembelahan anakan atau stek tangkai, ditanamkan dalam tempat tanam yang tepat.

Taruh pada lokasi yang teduh dan tidak terserang cahaya matahari langsung. Tempat menempatkannya dapat di bawah pohon besar atau memakai paranet sebagai perlindungan

  • Contoh Hasil Pergandaan Aglaonema yang Telah Ditanamkan dalam Media Tanam yang Besar

Begitu langkah pergandaan tanaman aglaonema (Cara Menanam Aglaonema dari Batang) dengan pembelahan anakan dan stek tangkai. Itu sebagai langkah yang termudah dilaksanakan. Karena lumayan gampang, karena itu siapa yang ketarik, menjadi “bidan” untuk perbanyak tanaman hias “Sri Rejeki” ini.

Update secara berkala pada website samsatkeliling.info akan di lakukan kembali pada Jumat, 18 juni 2021. Pastikan anda untuk selalu mengecek jadwal samsat keliling terbaru, karena jadwal dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Jika belum ketemu, silahkan menggunakan fitur pencarian. Apabila terdapat ketidakvalidan informasi, silahkan anda dapat menghubungi kami melalui halaman kontak yang tersedia.

Tags :