Cara Cek Pajak Kendaraan Online

Cek Pajak Kendaraan Online saat ini bisa dilakukan dengan cukup mudah. Hanya dengan mengakses aplikasi atau website anda sudah bisa mengetahui berapa besaran pajak kendaraan bermotor. Pelayanan cek pajak kendaraan secara online dan Bayar Pajak Kendaraan Online ini dapat digunakan tidak hanya untuk kendaraan roda dua atau motor saja, tetapi juga bisa dipakai untuk mengecek kendaraan roda empat seperti mobil atau bahkan truk dan bus.

Cek pajak Kendaraan? Online aja
Cek pajak Kendaraan? Online aja

Tentang hal Pajak Kendaraan Bermotor tergolong ke macam pajak propinsi yang disebut sisi dari Pajak Wilayah. Seterusnya, Pajak Kendaraan Bermotor sebagai halnya yang diuraikan dalam Pasal 1 angka 12 serta 13 UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 28 TAHUN 2009 yakni pajak atas pemilikan serta/atau kepenguasaan kendaraan motor. Dalam realisasi pemungutannya dilaksanakan di kantor bersama samsat. Kantor Bersama SAMSAT ini menyertakan tiga lembaga pemerintahan, ialah: Tubuh Penerimaan Wilayah, Kepolisian Wilayah Republik Indonesia, serta PT. (Persero) Asuransi Rugi Jasa Raharja.

Cek NJKB Kendaraan Objek Pajak

Objek Pajak Kendaraan Bermotor ialah pemilikan dan/atau kepenguasaan Kendaraan Bermotor. Terhitung dalam artian Kendaraan Bermotor ialah kendaraan motor memiliki roda dan gandengannya, yang dioperasionalkan di semua tipe jalan darat dan kendaraan motor yang dioperasionalkan di air sama ukuran isi kotor GT 5 (lima Gross Tonnage) s/d GT 7 (tujuh Gross Tonnage).

Dalam hal Harga Pasaran Umum suatu Kendaraan Bermotor tidak diketahui, NJKB dapat ditentukan berdasarkan sebagian atau seluruh faktor-faktor:

Untuk mengetahui nilai harga pasaran suatu kendaraan bermotor sebenarnya tidak bisa di cek secara meraba-raba seperti anda membaca artikel ini. Karena ada banyak faktor yang berpengaruh. NJKB atau Nilai Jual Kendaraan Bermotor bisa saja ditentukan berdasarkan lokasi domisili kendaraan itu sendiri. Sebelum anda mengecek NJKB untuk cek pajak kendaraan bermotor itu berapa, alangkah afdolnya untuk membaca faktor-faktor penentu besaran NJKB berikut ini :

  • Harga Kendaraan Bermotor dengan Kendaraan Bermotor semacam
  • Harga Kendaraan Bermotor dengan merk Kendaraan Bermotor yang sama
  • Harga Kendaraan Bermotor dengan tahun pembikinan Kendaraan Bermotor yang sama
  • Harga Kendaraan Bermotor menurut naskah Pernyataan Import Barang (PIB)
  • Penekanan gandar, yang diperbedakan atas dasar jumlah sumbu/as, roda, serta berat Kendaraan Bermotor
  • Model, pemanfaatan, tahun pembuatan, serta tanda mesin Kendaraan Bermotor yang diperbedakan menurut model mesin 2 gak atau 4 gak, serta isi silinder
  • Pemanfaatan Kendaraan Bermotor untuk umum atau pribadi
  • Harga Kendaraan Bermotor dengan pencipta Kendaraan Bermotor
  • Harga Kendaraan Bermotor berisi silinder serta/atau grup tenaga yang sama
  • Berat kendaraan dihitung menurut beberapa faktor
  • Model bahan bakar Kendaraan Bermotor yang diperbedakan menurut solar, bensin, gas, listrik, tenaga surya, atau model bahan bakar lainnya.
Baca juga :  Contoh Surat Kuasa untuk Pengambilan BPKB

Cara Cek Pajak Kendaraan Online

Cek NJKB Kendaraan Bermotor

Langkah cek pajak kendaraan dengan info dari Badan Pajak dan Retribusi yang memakai informasi PKB (Pajak Kendaraan motor) di mana badan itu terima pembayaran pajak lewat mekanisme online pajak wilayah, begitupun untuk langkah cek pajak mobil dan langkah cek pajak motor di prosedur Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). untuk memeriksa pajak kendaraan motor online dapat dilalukan dengan 4 (4) langkah yakni:

  1. Aplikasi Pajak Online di Google playstore dan Apple ios Toko, Aplikasi bisa anda ambil lewat smartphone dan untuk tiap wilayah, nama program yang dapat dipakai berlainan.
  2. Pastikan anda unduh dari pengembang sah E-Samsat.
  3. Lewat Web Badan Pajak dan Retribusi Wilayah yakni dengan di website samsat pkb propinsi
  4. Dengan memakai USSD Kode yang dapat dipakaian lewat smartphone yakni dengan menuliskan code *368*1# atau juga bisa memakai jasa premium SMS ke nomor 8893
  5. Dengan memakai Web pihak ke-3 seperti samsatkeliling.info

Cara Bayar Pajak Kendaraan

Langkah bayar pajak kendaraan Bermotor Online dengan memakai mekanisme online pajak wilayah oleh Badan Pajak dan Retribusi Wilayah di prosedur Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di prosedur itu anda bisa bayar pajak mobil atau bayar pajak motor, tetapi ada syarat-syarat Cek Pajak Kendaraan yang perlu dilaksanakan agar bisa memakai program untuk bayar pajak di informasi PKB, yakni :

  • Kendaraan tercatat dan masuk ke daerah hukum wilayah domisili
  • Mempunyai rekening bank yang sudah bekerja bersama dengan Badan Pajak dan Retribusi Wilayah propinsi
  • Pemilik kendaraan mempunyai KTP elektronik (e-KTP) Nasional
  • Mempunyai Smartphone berbasiskan sistem data Android atau ios.
  • Mempunyai alamat e-mail aktif

Sesudah persyaratan di atas terpenuhi, Anda dapat mendownload program di playstore (android) atau app store (ios) dan harus anda pastikan nama aplikasi yang anda ambil ialah program sah cek pajak kendaraan dari Badan Pajak dan Retribusi Wilayah atau polda setempat.

Sesudah Program udah terunduh dan dipasang pada smartphone Anda, karena itu selanjutnya ialah Anda daftarkan diri Anda di program itu. Sesudah sukses lakukan registrasi di program PKB, karena itu Anda akan mendapati menu untuk lakukan cek pajak kendaraan dan data kendaraan bermotor dan menu untuk membayar PKB.

Baca juga :  Cara Mudah Melacak HP dengan IMEI

Preferensi Umum Aplikasi Pajak via HP

Selanjutnya berikut langkah secara umum yang dapat anda jadikan sebagai referensi umum untuk prosedur pemakaian Cara cek pajak dan juga membayar secara online di aplikasi online E-Samsat :

  1. Membuka aplikasi, dan pilih Registrasi Online
  2. Masukan Nomor Register Kendaraan Bermotor (NRKB) / nomor plat kendaraan anda
  3. Di bagian info pajak kendaraan bakal ada opsi untuk Teruskan Daftar Online atau mungkin tidak.
  4. Tentukan YA untuk meneruskan menu bayar PKB lewat cara online
  5. Masukan nomor e-ktp pemilik kendaraan
  6. Akan ada enam pasal ketetapan selanjutnya click sepakati agar bisa meneruskan bayar PKB lewat cara online
  7. Dalam menu seterusnya akan ada code bayar dan info ongkos pajak kendaraan yang perlu dibayar
  8. Bila Anda ingin bayar lewat cara online click tombol YA, maka ada pilihan bank yang bisa dipakai untuk bayar PKB

Preferensi Umum Bayar Pajak via E-Banking

Seterusnya ada sistem pembayaran seperti Mobile Banking, Internet Banking, E-Samsat dan lain-lain

  1. Tentukan salah satunya sistem pembayaran yang dapat anda pakai, turuti panduan seterusnya yang ada di monitor Handpohone anda.
  2. Sesudah usai membayar, Anda harus menetapkan STNK kendaraan Anda ke samsat terdekat setempat. Anda akan diberi waktu sepanjang 14 hari untuk melakukan legitimasi STNK kendaraan Anda pada bagian yang di tunjuk oleh samsat.
  3. Di bagian loket, anda janganlah lupa untuk bawa smartphone yang ada aplikasi itu, STNK asli, SKPD asli dan e-KTP pemilik kendaraan asli.
  4. Petugas samsat propinsi setempat akan menolong anda untuk melakukan proses legitimasi STNK dengan tekan menu Legitimasi STNK
  5. Petugas samsat propinsi setempat akan menolong anda Isi NRKB, NIK e-ktp, dan 4 angka paling akhir nomor kerangka kendaraan Anda, di bagian info kendaraan motor dan info PKB akan ada QR Kode yang hendak discan oleh petugas Samsat propinsi setempat
  6. Jika data sama sesuai dan proses telah usai karena itu STNK kendaraan Anda akan ditempel stiker legitimasi oleh petugas.

Demikian sedikit update informasi dari kami mengenai Cara Cek Pajak Kendaraan Online yang bisa dilakukan untuk mengetahui pajak kendaraan dan cara membayar pajak secara Online melalui aplikasi resmi. Semoga dapat membantu dan menjadikan wawasan baru untuk kita semua. Terima kasih, semoga bermanfaat. Lebih lanjut tentang definisi subyek pajak kendaraan bermotor anda bisa cek di https://bapenda.kalteng.go.id/pajak-pkb.

Update secara berkala di lakukan pada 30 November 2021. Pastikan untuk selalu cek jadwal terbaru, karena lokasi dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

error: Alert: Content is protected !!